ANALISIS KINERJA PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) DI SEMARANG KORIDOR VII (GENUK – BALAIKOTA)

NURSHOLEH, MUCHAMAD SINGGIH (2020) ANALISIS KINERJA PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) DI SEMARANG KORIDOR VII (GENUK – BALAIKOTA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
daftar isi.pdf

Download (391kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (424kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (442kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (854kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (8MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)

Abstract

Kota Semarang merupakan salah satu kota besar yang mengalami permasalahan transportasi. Dengan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang sangat pesat diiringi dengan pertumbuhan ruas jalan yang tidak memadai, maka hal ini merupakan salah satu faktor pemicu permasalahan transportasi yang terjadi di Kota Semarang. Hal ini tetntu dipicu oleh efektivitas waktu jika memakai kendaraan pribadi dan angkutan umum. Angkutan umum yang digunakan di Kota Semarang sebagai salah satu alternative solusi adalah Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang. Salah satunya adalah koridor VII Genuk – Balaikota (Pemuda) yang baru diopersikan pada tanggal 15 Mei 2018. Kualitas pelayanan merupakan salah satu dorongan masyarakat untuk meningkatkan kepuasan dengan menimilalisir pengalaman yang mengecewakan. Salah satu tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerrja pelayanan koridor VII. Metode analisis penelitian ini adalah Dekduktif Kuantitatif Rasionalistik dengan alat analisis distribusi frekuensi. Tingkat Kenyamanan, sudah baik namun masih perlu dioptimalkan lagi untuk kenyamanan pengguna. Ditambahkan armada bus untuk mengatasi kapasitas disaat jam sibuk. Pada tiap shelter bisa dilengkapi fasilitasnya berupa tempat sampah maupun pengaturan suhu pada shelter. Tingkat Keamanan, dari fasilitas keamanan sudah baik namun perlu dikembangkan lagi. Dilihat dari sisi informasi gangguan kemanan pengguna sudah mengetahui gimana caranya untu mengadu perihal Trans Semarang. Dikembangkan lagi untuk shelter di tambah penerangan untuk keamanan bagi pengguna. Tingkat Keselamatan, dilihat dari kelayakan bus dan ketersediaan fasiltas keselamatan dikatakan sudah baik, namun untuk diperhatikan bahwa sopir masih ada beberapa yang kurang memeperhatikan kenyamanan bagi penumpang. Tingkat Keterjangkauan, dalam aksebilitas perpindahan moda memudahkan pengguna untuk pindah di koridor lain maupun moda yang lain. Salah satu pengguna banyak yang memilih VRT dikarenakan biaya yang murah. Dengan biaya murah tersebut dapat beralihnya kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Tingkat Keteraturan, dilihat dari waktu tunggu masih banyak pengguna yang menunggu lebih dari 15 menit. Belum dilengkapinya info pelayanan kedatangan ataupun ekeberangkatan pada setiap shelter. Keteraturan harus dioptimalkan lagi untuk menunjang pengguna dalam menggunakan BRT. Kata Kunci: Kinerja Pelayanan, Koridor VII Trans Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:27
Last Modified: 23 Mar 2021 02:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18172

Actions (login required)

View Item View Item