SISTEM RUANG AKTIVITAS TAMAN CERDAS SOEKARNO HATTA SEBAGAI RUANG PUBLIK DI KELURAHAN JEBRES, KOTA SURAKARTA

BUDIARTI, WIDYA UTAMI (2020) SISTEM RUANG AKTIVITAS TAMAN CERDAS SOEKARNO HATTA SEBAGAI RUANG PUBLIK DI KELURAHAN JEBRES, KOTA SURAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (588kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (581kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (425kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (20kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (606kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (189kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Taman Cerdas Soekarno Hatta merupakan salah satu Taman Anak Cerdas (TAC) yang merupakan tempat bagi anak untuk mendapatkan pendidikan/pengetahuan, pengembangan, bakat/kreasi seni/ketrampilan, perpustakaan, pengenalan teknologi informasi, dan sebagai tempat bermain, tempat rekreasi tempat memperkenalkan dan beradaptasi dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menemukan sistem ruang aktivitas di Taman Cerdas Soekarno Hatta sebagai ruang publik bagi masyarakat. Metode yang digunakan adalah deduktif kualitatif rasionalistik dan didukung oleh teknik pemetaan perilaku. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat deviasi antara teori pembentukan ruang menurut Rapoport (1977) dalam Haryadi (2010) dengan kondisi hasil penelitian. Hasil temuan kedua, terdapat 21 seting ruang yang diamati dari 6 titik berdasarkan luas area yang dapat teramati (visual), fasilitas dan karakteristik. Enam zona tersebut adalah Area Bermain 1, Gedung Serba Guna (GSG), Taman dekat Amphiteater, Gate Utama, Patung Wayang dan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA). Temuan studi ketiga adalah adanya perbedaan lokasi untuk melakukan aktivitas oleh anak-anak dan orang dewasa. Anak-anak di Taman Cerdas Jebres cenderung melakukan aktivitas di tempat yang memiliki fasilitas bermain dan tempat yang menarik perhatian mereka. Sedangkan orang dewasa cenderung melakukan aktivitas pasif yang membutuhkan tempat untuk duduk dan tempat yang teduh. Hasil temuan keempat, terdapat faktor yang memberikan pengaruh terhadap ruang aktivitas di Taman Cerdas Soekarno Hatta, yaitu spasial kawasan, klimatologi, ketersediaan fasilitas, keamanan, pemandangan, aksesibilitas, kaitan Taman Cerdas Soekarno Hatta dengan kawasan sekitarnya, kemampuan menarik pengunjung, aktivitas utama, aktivitas pilihan dan aktivitas sosial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas di Taman Cerdas Soekarno Hatta menyesuaikan ruang yang ada lebih mendominasi sehingga ditemukan ruang dengan fungsi selain fungsi utama, parameter ketersediaan fasilitas berdasarkan konsep taman layak anak hanya terdapat 35% yang sesuai dan elemen pelengkap telah sesuai sepenuhnya. Kata Kunci: Taman, Cerdas, Ruang, Aktivitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Mar 2021 01:48
Last Modified: 17 Mar 2021 01:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18163

Actions (login required)

View Item View Item