IRMAYANTI, IRMAYANTI (2020) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERINTEGRASI DENGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTs DARUS SA’ADAH KODYA SEMARANG (Studi di MTS Darus Sa’adah Kodya Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Cover.pdf Download (235kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (183kB) |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (162kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (387kB) |
|
Text
Abstraksi.pdf Download (157kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (277kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
Abstract
Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Darus Sa’adah Kodya Semarang. Semarang. Latar belakang penelitian ini ialah model pembelajaran terintegrasi adalah model dengan menerapkan keterpaduan antar suatu bidang studi dengan bidang studi lainnya dengan menetapkan prioritas kurikuler dan menemukan keterampilam, konsep dan tanpa adanya sikap tumpang tindih antar bidang studi. Model ini juga diterapkan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan memasukan unsur-unsur Pendidikan Islam. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ialah : bagaiman Model Integrasi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Islam dalam proses pembelajaran di MTs Darus Sa’adah Kodya Semarang, bagaimana Pelaksanaan Model Integrasi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran di MTs Darus Sa’adah Kodya Semarang, bagaimana Evaluasi Model Integrasi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini ialah penelitian Kualitatif, dengan mengambil latar MTs Darus Sa’adah Kodya Semarang sebagai tempat penelitian. Pengumpulan data peneliti melakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi setelah itu menganalisis data yang diperoleh guna mencocokkan hasil wawancara terhadap guru, sehingga dapat dikemukakan hasil penemuan baru yang dipatkan oleh peneliti. Hasil penelitian ialah Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terntegrasi dengan Ilmu Pengetahuan adalah model yang menganggap Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan Sosial ialah sebuah kesatuan yang tidak terpisahkan. Indikator keberhasilan sudah berjalan dengan baik walaupun kurang maksimal dikarenakan pemahaman peserta didik berdeba-beda. Faktor pendukngnya ialah guru dapat mengatasi kendala dikelas selama proses pembelajaran berlangsung dengan mengulang materi yang kurang dipahami peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 07:07 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 07:07 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18155 |
Actions (login required)
View Item |