IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MATA PELAJARAN PAI DI MA NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG-DEMAK (STUDI KASUS DALAM PEMBELAJARAN SKI DI MANAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG-DEMAK)

SAPUTRI, FATHONAH NOVIANI (2019) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MATA PELAJARAN PAI DI MA NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG-DEMAK (STUDI KASUS DALAM PEMBELAJARAN SKI DI MANAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG-DEMAK). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (119kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pendidikan adalah upaya yang dapat mempercepat pengembangan potensi manusia untuk mampu mengemban tugas yang di bebankan padanya, karena hanya manusia yang dapat di didik dan mendidik. Metode pembelajaran sangat penting karena metode menjadi sarana dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahaminya. Tanpa metode yang tepat, maka suatu proses pembelajaran tidak akan berlangsung secara efektif dan efisien. Bagaimana perencanaan metode role playing dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Untuk mendeskripsikan perencanaan metode role playing dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan Salah satu dari tiga mata pelajaran yang harus di masukkan ke dalam kurikulum setiap lembaga pendidikan formal di Indonesia. Tujuan pendidikan agama Islam identik dengan tujuan hidup setiap orang muslim. Dengan demikian selama orang tersebut masih hidup, tujuan pendidikan agama Islam harus diberikan. Materi dari pendidikan Islam, secara garis besarnya mencakup aspek akidah, ibadah, dan akhlak. Sejarah yang merupakan asal usul, silsilah atau kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau. Tujuan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam secara substansi yang memiliki peran serta dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam yang di dalamnya terdapat nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, karakter dan kepribadian peserta didik. Role Playing atau bermain peran adalah metode pembelajaran yang dapat diarahkan untuk mengkreasikan peristiwa sejarah, dapat mengkreasi peristiwa-peristiwa yang aktual, atau juga dapat dikaitkan dengan kejadian-kejadian yang mungkin akan muncul pada masa yang mendatang. Perencanaan adalah kegiatan yang dapat di lakukan sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Sehingga sebelum pembelajaran di mulai, seorang guru terlebih dahulu untuk menyiapkan rencana pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Kata Kunci : Implementasi Metode Role Playing Dalam Mata Pelajaran PAI Pada Pembelajaran SKI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Mar 2020 06:43
Last Modified: 16 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17328

Actions (login required)

View Item View Item