ISTIYANI, SEPTI NANDA (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MI TARBIYATUL ISLAM SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (913kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (100kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (215kB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab I.pdf Download (352kB) |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (495kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (944kB) |
Abstract
Tujuan pendidikan karakter yang berkaitan dengan pembentukan mental dan sikap anak didik dikelola dengan menanamkan nilai-nilai islami dan nilai tradisional yang positif. Namun jika diamati dengan baik, tujuan utama pendidikan karakter bisa dikatakan gagal atau belum tercapai, hal itu dapat dilihat secara jelas di era globalisasi seperti sekarang ini. Era globalisasi menghadirkan teknologi informasi yang semakin canggih. Namun kemajuan teknologi membawa dampak yang negatif. Salah satunya yaitu kemerosotan akhlak. Dari fenomena diatas sangat jelas bahwa permasalahan sebuah lembaga pendidikan adalah bagaimana sekolah tersebut dalam membentuk karakter islami peserta didik. Mengingat semakin maraknya hal-hal negatif seperti yang telah dijelaskan diatas maka pembentukan karakter dan kepribadian anak sesuai dengan nilai keagamaan menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan. Oleh karena itu penting sekali bagi kita dalam membentuk nilai-nilai karakter islami melalui metode pembiasaan. Salah satu sekolah yang sudah melaksanakan pembentukan karakter islami peserta didik melalui metode pembiasaan yaitu di MI Tarbiyatul Islam Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan karakter islami di MI Tarbiyatul Islam Semarang, karakter islami peserta didik di MI Tarbiyatul Islam Semarang dan mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembentukan karakter islami peserta didik di MI Tarbiyatul Islam Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunaka metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa pembentukan karakter islami peserta didik melalui metode pembiasaan di MI Tarbiyatul Islam Semarang meliputi: Taat kepada Allah Swt, Syukur, Bertanggung jawab,Disiplin,Santun,Ramah,Menghormati orang lain. Kata Kunci: Metode pembiasaan, karakter islami
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 06:14 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 06:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17295 |
Actions (login required)
View Item |