MAHRUS, MUHAMMAD HASAN (2019) NILAI-NILAI ADAB PESERTA DIDIK DALAM KITAB ADABUL ALIM WAL MUTAALLIM DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MA SHOLAHUDIN DEMUNG WONOSALAM DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (232kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (215kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (218kB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (26kB) |
|
Text
bab I.pdf Download (314kB) |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (215kB) |
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Di zaman yang serba modern saat ini kebanyakan diantara mereka hanya mengandalkan otak tanpa memperhatikan masalah adab, akhlak dan moral, maka pendidikan karakter sangat berperan dalam merubah pola fikir masyarakat yang lalai dalam masalah pendidikan. Dengan adanya kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim yang di dalamnya terdapat kandunagan nilai-nilai adab dalam mencetak anak didik memiliki peribadi yang baik dan berakhlakul karimah sesuai dengan tujuan pendidikan islam. Dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim peneliti menganalisis nilainilai adab di dalamnya dan implementesinya dalam pembelajaran PAI di MA Sholahudin. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1 )Bagaimana nilai-nilai adab dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari? 2 ) Bagaimana implementasi nilai-nilai adab yang terkandung dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim dalam pembelajaran PAI di MA Sholahudin? Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitia lapangan (field research ) dan penelitian pustaka (library research ). Sumber data yang digunakan yaitu sumber data Primer dan skunder. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur, baik diperpustakaan maupun di tempattempat lain. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan penelitian dokumen, sedangkan teknik analisis data mengguakan Content Analysis, dan upaya untuk memeriksa keabsahan data dengan menggunakan teknik ketekunan pengamat, teknik berdiskusi sesama teman dan pakar agama untuk memeriksa ihwal penelitian ini. Dari hasil analisis didapatkan bahwa konsep adab dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari yaitu (1 ) Etika seorang murid terhadap dirinya sendiri, (2 ) Etika seorang murid terhadap Guru, (3) Etika seorang murid terhadap pelajaran (4) Etika seorang murid terhadap kitab. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter di dalam kitab tersebut adalah rasa tanggung jawab, kedisiplinan, peduli, ketekunan, kejujuran, cerdas, beriman, bertaqwa, inovatif, sehat, gigih, kerja keras, amanah, rela berkorban, rasa ingin tahu. rasa hormat, berani mengambil resiko, adil. kedisiplinan, kritis, kreatif, berempati, pantang menyerah, kerja keras, rasa kebangsaan, ramah, suka menolong, saling menghargai, toleran, bersahabat, dan kooperatif. Kata Kunci : Nilai adab dan Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 06:54 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 06:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17289 |
Actions (login required)
View Item |