IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 BONANG DEMAK

NIKMAH, LAUNUN (2019) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 BONANG DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (126kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (470kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

Kurikulum 2013 berusaha menyempurnakan penilaian yaitu penilaian autentik. Penilaian autentik merupakan bentuk penilaian yang mencakup dalam tiga aspek dalam penilaiannya yaitu sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan peserta didik dalam proses belajar mengajar melalui penilaian yang berdasarkan pada aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan, sehingga penilaian yang digunakan tidak terpengaruh pada hal lain. Penelitian ini bertujuan.1 untuk mendiskripsikan perencanaan penilaian autentik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bonang Demak. 2 Untuk mendiskripsikan pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bonang Demak. 3 untuk mendiskripsikan pengolahan penilaian autentik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bonang Demak. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif (field research) yaitu dengan melihat atau kondisi yang ada dilapangan. Untuk memudahkan penelitian ini, penulis menggunakan sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif yaitu menggunakan tiga tahapan seperti reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian tentang implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bonang Demak. Teknik dan instrumen penilaian autentik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam yaitu a.) aspek sikap, menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan penilaian jurnal. b.) aspek pengetahuan, menggunakan teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. c.) aspek ketrampilan, menggunakan teknik tes praktik, penilaian proyek, unjuk kerja dan penilaian portofolio. Hasil yang dicapai pada peserta didik dengan penilaian autentik mata pelajaran pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan dari aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Maka peneliti menarik kesimpulan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bonang Demak dalam pelaksanaan penilaian autentik sudah baik dan sudah cukup maksimal sesuai dengan perencanaan pembelajaran pendidikan (RPP). Kata kunci: Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Mar 2020 06:37
Last Modified: 10 Mar 2020 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17279

Actions (login required)

View Item View Item