PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada UMKM Industri Batik Kota Semarang)

Makhrifah, Anitya (2019) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada UMKM Industri Batik Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (661kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh dari orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing industri batik di kota Semarang. Untuk keperluan tersebut, penelitian memilih 40 pengrajin dan pemilik industri batik di kota Semarang. Temuan menunjukkan orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Penelitian juga menemukan bahwa keunggulan bersaing benar-benar menjadi mediasi penting dalam menjembatani hubungan orientasi pasar dan inovasi produk dengan kinerja pemasaran. Dengan memeriksa literatur beragam orientasi pasar, inovasi produk, keunggulan bersaing serta kinerja pemasaran, temuan penelitian ini memberikan analisis yang unik tentang inovasi produk batik di semarang terhadap kinerja pemasaran pada UMKM industri batik di kota Semarang. Diskusi konseptual dan hasil empiris memperpanjang penelitian sebelumnya tentang budaya inovasi dan orientasi pelanggan pada UMKM industri batik. Kata Kunci : orientasi pasar, inovasi produk, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:41
Last Modified: 05 Mar 2020 07:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16995

Actions (login required)

View Item View Item