PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PASAR DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI 2014-2016)

KURNIAWAN, MOH ZAKY (2019) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PASAR DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI 2014-2016). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (54kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Intellectual capital memenuhi kriteria-kriteria sebagai sumber daya unik yang mampu menciptakan keunggulan kompetitif perusahaan sehingga dapat menciptakan value bagi perusahaan. Intellectual capital merupakan sumber daya yang dimiliki perusahaan, memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan dan digunakan untuk menyusun dan menerapkan strategi perusahaan sehingga meningkatkan kinerja perusahaan menjadi semakin baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh modal intelektual terhadap Return On Asset, Earning Per Share, Return On Equity dan market to book value. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2016, total sampel perusahaan berjumlah 43 sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Modal intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Kondisi ini terjadi karena jika kemampuan sumber daya manusia semakin baik, maka di harapkan akan menghasilkan profitabilitas Return On Asset semakin meningkat. Modal intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap EPS. Kondisi ini terjadi karena apabila modal intelektual semakin baik, maka kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan semakin baik, sehingga produk atau jasa yang di tawarkan oleh perusahaan di terima oleh masyarakat dan revenue semakin meningkat. Modal intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap ROE. Kondisi ini terjadi karena intellectual capital yang semakin meningkat, maka perusahaan sudah menggunakan modalnya lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, sehingga kinerja karyawan untuk menghasilkan laba semakin meningkat. Modal intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap M/B, hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi modal intelektual, maka M/B semakin meningkat. Kondisi ini terjadi karena praktik akuntansi konservatisma menekankan bahwa investasi perusahaan dalam intellectual capital yang disajikan dalam laporan keuangan, dihasilkan dari peningkatan selisih antara nilai pasar dan nilai buku. Jadi, jika misalnya pasarnya efisien, maka investor akan memberikan nilai yang tinggi terhadap perusahaan yang memiliki modal intelektual lebih besar Kata Kunci: Modal Intelektual, Return On Asset, Earning Per Share, Return On Equity, Market to Boox Value

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:43
Last Modified: 03 Mar 2020 04:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16781

Actions (login required)

View Item View Item