"ANALISIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM NOTARIS DI PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN (Putusan Nomor 124/PDT.G/2017/PN.Jkt. Sel)"

Akib, Ma'ruf (2019) "ANALISIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM NOTARIS DI PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN (Putusan Nomor 124/PDT.G/2017/PN.Jkt. Sel)". Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (781kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (314kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (176kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (296kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (226kB)

Abstract

Dalam melaksanakan Tugas Jabatan Notaris tidak hanya menjalankan pekerjaan yang diamanatkan oleh Undang-undang saja tapi juga sekaligus menjalankan suatu Fungsi Sosial yang sangat penting yaitu bertanggungjawab untuk melaksanakan kepercayaan yang diberikan masyarakat umum yang dilayaninya. Notaris harus berpegang teguh kepada Kode Etik Notaris dan juga berkewajiban menegakkan Kode Etik Notaris dan memiliki perilaku Professional (professional behavior) yaitu mempunyai Integritas Moral, menghindari sesuatu yang tidak baik, jujur, sopan santun, tidak semata-mata karena pertimbangan uang danberpegang teguh pada Kode Etik Profesi dimana didalamnya ditentukan segala perilaku yang harus dimilki oleh Notaris. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertimbangan Hakim dalam menentukan Perbuatan Melawan Hukum Notaris dan Akibat Hukum Pelaksanaan Putusan Hakim terhadap Perbuatan Melawan Hukum Notaris di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan ini adalah Untuk mengetahui Pertimbangan Hakim dalam menentukan Perbuatan Melawan Hukum Notaris dan Untuk mengetahui Akibat Hukum Pelaksanaan Putusan Hakim terhadap Perbuatan Melawan Hukum Notaris di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatanYuridis Normatif dan spesifikasi dalam penelitian ini adalah termasuk deskriptif analitis. Adapaun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa Hakim dalam menganalisis perkara dengan Nomor 124/PDT.G/2017/PN.Jkt.Sel tersebut dilihat dari alat bukti yang diajukan seperti saksi, bukti surat, persangkaan, pengakuan maupun sumpah yang terungkap dalam persidangan adalah : Tergugat 1 sampai dengan Tergugat V dan Turut Tergugat 1 dan Turut Tergugat II terbukti melakukan Perbuatan Melawan Hukum; Penggugat adalah pemilik sah atas Tanah obyek sengketa Hak Milik No. 3747/Pondok Pinang, seluas 310 M.2, Gambar situasi tanggal 24-0201994 No. 1242/1994; Akta Jual Beli yang dibuat dihadapan Notaris NKA, SH., MH antara AW dengan Ir. Si, batal Demi Hukum; Hak Tanggungan Peringkat Pertama No. 5204/2016 berdasarkan APHT PPAT NKA, SH., MH, tercatat atas nama Standard Chartered Bank melalui kantor Cabangnya di Jakarta terdaftar tanggal 29 Agustus 2016 adalah Cacat Hukum, Tidak Sah, Tidak Mempunyai Kekuatan Hukum Mengikat; Akibat hukum dalam pelaksanaan putusan perkara No. 124/PDT.G/2017/PN.Jak.Sel terkait dengan perbuatan melawan hukum yang dilakunan Notaris adalah batal demi hukum beserta segala akibat hukumnya Akta yang dibuat oleh Notaris dan Turut Tergugat, yaitu : Akta Jual Beli Nomor 202/2016 tanggal 23 Mei 2016 dibuat dihadapan PPAT NKA, SH., MH; Akta Perjanjian Kredit Pemilikan Properti (KPP) Nomor 872/MRG/V/16 tanggal 23 Mei 2016; Akta Perjanjian Kredit Kepemilikan Properti (KPP) Nomor 873/MRG/V/16 tanggal 23 Mei 2016. Kata Kunci : Analisis, Putusan Hakim, Melawan Hukum, Notaris

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:56
Last Modified: 27 Feb 2020 04:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16546

Actions (login required)

View Item View Item