USULAN PERBAIKAN PADA PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI DI PT. NILH MENGGUNAKAN SISTEM KANBAN (Studi Kasus di PT. NILH)

WAHONO, AGUS (2019) USULAN PERBAIKAN PADA PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI DI PT. NILH MENGGUNAKAN SISTEM KANBAN (Studi Kasus di PT. NILH). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)

Abstract

Keterlambatan penyelesaian produksi adalah hal yang paling dihindari dalam suatu proses proses produksi, karena dapat menimbulkan kerugian yang tidak diinginkan oleh perusahaan. Maka dalam hal ini proses perencanaan dan pengendalian produksi memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah sistem produksi. Prosedur dan aliran kerja yang diterapkan di PT. NILH saat ini tidaklah optimal, karena masih banyak terdapat kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah pada proses produksi. Hal ini terbukti dari data lini produksi yang dihimpun pada bulan oktober 2018 menunjukan adanya WIP yang bernilai nol (0) unit menunjukkan keterlambatan suplai dimana tidak adanya komponen yang dapat diproses pada lini sewing tersebut, sehingga berdampak pada waktu menganggur operator. Selanjutnya terdapat WIP yang berjumlah 704 unit sehingga membutuhkan penanganan yang lebih. Berdasarkan data pada bulan oktober 2018 hingga desember 2018, ketepatan tingkat pengiriman rata-rata hanya sebesar 89% dari target 100% tepat pengiriman, dengan kata lain masih terdapat 11% keterlambatan yang harus dihilangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan perbaikan pada perencanaan dan pengendalian produksi di PT. NILH untuk mengatasi masalah keterlambatan penyelesaian produksi berupa simulasi penerapan kanban pada lini produksi. Penerapan kanban disimulasikan di sub-bagian produksi Cutting, Sewing, dan Finishing menggunakan salah satu sampel jenis produk yang diproduksi di PT. NILH, dengan cara menghitung kanban yang dibutuhkan untuk sampel produk tersebut berdasarkan permintaan harian. Selain itu pada penerapan kanban, jumlah lot harus diminimalisir berdasarkan kapasitas wadahnya (palet). Selanjutnya mengevaluasi bentuk aliran kerja yang ada pada saat ini dan menyederhanakannya dengan mengeliminasi prosedur dan atau tahap aliran kerja yang tidak memberi nilai tambah. Simulasi penerapan kanban pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan tidak adanya kegiatan yang tidak bernilai tambah dan hilangnya waktu tunggu yang diakibatkan oleh waktu menganggur operator maupun waktu yang dibutuhkan untuk penanganan komponen atau produk yang akan diproses, maka keterlambatan penyelesaian produksi dapat dihilangkan sehingga tingkat ketepatan pengiriman dapat mencapai 100% karena standar prosedur dan bentuk aliran kerja dibuat sederhana dan berkelanjutan. Kata Kunci : PT. NILH, Sistem Kanban dalam PPC, Garmen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:33
Last Modified: 18 Feb 2020 07:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16144

Actions (login required)

View Item View Item