THE EFFECTIVENESS OF WHATSAPP ONLINE CHAT GROUP TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL IN FORMAL INVITATION (A Quasi Experimental Research on the 11th Grade Students of SMA N 2 Semarang in the Academic Year 2019/2020)

Erwanto, Ferrian (2019) THE EFFECTIVENESS OF WHATSAPP ONLINE CHAT GROUP TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL IN FORMAL INVITATION (A Quasi Experimental Research on the 11th Grade Students of SMA N 2 Semarang in the Academic Year 2019/2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (759kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (265kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan efektifitas dari penggunaan strategi menulis ringkasan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam menulis surat formal pada siswa kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental. Pada penelitian ini sampel terdapat dua kelas, yaitu pertama kelas eksperimen and kedua kelas kontrol. Dalam penelitian ini Ada tiga kegiatan yang dilakukan, yaitu pre-test, perlakukan dan post-test. Kelas eksperimen mendapatkan enam kali pertemuan untuk perlakuan. Kelas control juga mendapatkan enam kali pertemuan untuk kegiatan belajar, tapi hanya fokus pada teks target dan menerima metode pembelajaran yang umum. Alat yang digunakan untuk mengukur kemampuan menulis siswa adalah tes menulis. Pre-test dan post-test adalah menulis teks cerita yang terdiri dari empat komponen; isi, organisasi, kosa kata dan tata bahasa. Dua tes tersebut memiliki tema yang berbeda. Penelitian ini terdiri dari tiga analisis, yaitu uji homogenitas, uji normalitas dan uji t dua sampel independen. Untuk kelas eksperimen, nilai pre-test and post-test rata-ratanya adalah 71.53 dan 84.86. Lalu untuk kelas kontrol, nilai pre-test and post-test rata-ratanya adalah 70.97 dan 78.33.. Hasil analisis dari data nilai pre-test dan post-test untuk kelas control dan kelas eksperimen adalah normal dan homogen. Pada nilai rata-rata pre-test, tidak ada perbedaan yang signifikan untuk kelas control dan kelas eksperimen (Sig. (2-tailed) = 0.576), akan tetapi, pada nilai rata-rata post-test dari kedua kelas tersebut adalah terdapat perbedaan yang signifikan (Sig. (2-tailed) = 0.000). Oleh karena itu, hipotesis studi ini diterima. Jadi dapat disimpulkan, hasil dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan whatsapp percakapan grup online efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerita pada siswa kelas IX. Kata kunci: Whatsapp Messenger, kemampuan menulis, percakapan grup online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 05:29
Last Modified: 13 Feb 2020 05:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15978

Actions (login required)

View Item View Item