PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN AKIBAT ADANYA CACAT BARANG DALAM JUAL BELI ONLINE SHOPPING MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 (Studi kasus di Norma Salon Production Jepara)

WIJAYANTI, LILIK (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN AKIBAT ADANYA CACAT BARANG DALAM JUAL BELI ONLINE SHOPPING MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 (Studi kasus di Norma Salon Production Jepara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (428kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Sripsi dengan judul “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Akibat Adanya Cacat Barang Dalam Jual Beli Online Shopping Menurut UU No 8 Tahun.1999(studi di Salon Norma Production Jepara”). Permasalahan yang akan diteliti adalah: 1) Bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi konsumen yang mengalami cacat benda/barang dalam jual beli online shopping menurut UU No.8 Thun 1999?, 2) Bagaimana tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian atas cacat barang dalam jual beli online shopping menurut UU No.8 Tahun.1999?, 3) Apa hambatan-hambatan dan solusi dalam pelaksanaan tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian atas cacat barang dalam jual beli online shopping menurut UU No. 8 Tahun 1999? Metode penelitianya adalah metode pendekatan Yuridis Sosiologis. Dengan metode penelitian wawancara kepada pemilik Salon Norma Production Jepara dan konsumen dari buku-buku, studi pustaka, dan hasil wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) Bentuk Perlindungan Hukum bagi Konsumen yang mengalami cacat barang/benda dalam jual beli online shopping menurut UU No.8 Tahun 1999 di dalam perjanjian Salon Norma Production Jepara yaitu terletak pada garansi berupa pengembalian atau penukaran barang jika barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dipesan atau mengalami adanya cacat barang yang dinilai merugikan pihgak konsumen yang telah dipesanya tersebut sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Pasal 19 UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dalam hal ganti kerugian yang dilakukan oleh penjual kepada pembeli. 2) Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Konsumen yang mengalami kerugian atas cacat barang/benda dalam jual beli online shopping menurut UU No.8 Tahun 1999 di Salon Norma Production Jepara yaitu apabila barang yang di beli mengalami adanya cacat barang dan tidak sesuai dengan barang yang diinginkan maka konsumen berhak untuk mendapatkan ganti kerugian yang pantas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 3) Hambatan-hambatan dan solusi dalam pelaksanaan tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian atas cacat barang dalam jual beli online shopping menurut UU No.8 Tahun 1999 di Salon Norma Production Jepara yaitu pada saat melakukan transaksi info yang diberikan kepada reseller kepada konsumen tiba-tiba terputus karena adanya kendala sinyal jaringan yang buruk sehingga membuat resller harus mencari jaringan terlebih dahulu agar komunikasi berjalan dengan lancar, Terbatasnya gambar yang diperjual belikan lewat media sosial ada yang sudah bergambar dan ada yang juga belum bergambar yang membuat konsumen belum puas dengan gambar barang yang dipromosikan sehingga reseller menyiapkan semua gambar terlebih dahulu, Lamanya balasan dari reseller yang padat karena kesibukan atau banyaknya konsumen yang tanya lewat chatt harus membuat sabar konsumen untuk menunggu dan memaklumi apabila chatt yang dikirimnya belum di balas. Kata kunci: Perlindungan Konsumen, Cacat Barang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:35
Last Modified: 27 Jan 2020 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15586

Actions (login required)

View Item View Item