Dharmasalsabila, Jihan Khairunnisa (2019) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN ASURANSI PENUMPANG PADA MASKAPAI PENERBANGAN PT. CITILINK INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (320kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (39kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (63kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (96kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (86kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (562kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (99kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
Abstract
Pengangkutan udara adalah orang atau badan hukum yang mengadakan perjanjian angkutan untuk mengangkut penumpang dengan pesawat terbang dan dengan menerima suatu imbalan. Pada era modern ini mulai banyak maskapai penerbangan yang beroperasi seperti PT. Citilink Indonesia. Namun, setiap adanya kecelakaan pesawat udara, maka akan menimbulkan kerugian bagi penumpang maupun pengangkut. Kerugian yang timbul sebagai akibat kecelakaan pesawat udara merupakan risiko yang harus dihadapi oleh perusahaan jasa penerbangan. Perusahaan jasa penerbangan harus mengganti atas kerugian yang dialami oleh penumpang yang menjadi korban sebagai wujud tanggung jawabnya. Urgensi penulisan yang berjudul “Tinjauan yuridis pelaksanaan asuransi penumpang pada maskapai penerbangan PT.Citilink Indonesia” bertujuan: 1) Untuk memahami bagaimana pelaksanaan asuransi penumpang pada maskapai penerbangan di PT.CITILINK INDONESIA; dan 2) Untuk mengetahui kendala-kendala dan solusi apa saja dalam pelaksanaan asuransi penumpang pada maskapai penerbangan PT.CITILINK INDONESIA. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun penulisan ini dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, yaitu penulisan yang tidak hanya menggunakan peraturan perundang-undangan, asas-asas hukum dan prinsip-prinsip dalam meninjau, melihat dan menganalisa masalah-masalah, melainkan penelitian ini juga meninjau bagaimana pelaksanaannya dalam prakteknya yang terkait dengan asuransi maskapai penerbangan PT. Citilink Indonesia. Spesifikasi penelitian yang digunakan dengan menerapkan spesifikasi deskriptif analisis dengan menggambarkan pelaksanaan asuransi maskapai penerbangan PT. Citilink yang dikaitkan dengan peraturan perundang-undangan dan pelaksanaan langsung di lapangan. Hasil penelitian dari penulisan ini menunjukkan bahwa: 1) Perusahaan Citilink juga ada beberapa cara untuk memberikan kompensasi untuk penumpang atas keterlambatan oleh pihak maskapai. Untuk mengurangi kerugian tersebut Citilink bekerjasama dengan pihak asuransi. Asuransi yang digunakan oleh PT Citilink Indonesia untuk penumpang yaitu asuransi Jasaraharja (wajib) dan asuransi tanggung jawab maskapai (untuk delay management); dan 2) Kendala dalam pelaksanaannya meliputi: kendala teknis pada saat mencairkan voucher melalui Bank BRI, kerusakan pada bagasi penumpang, penumpang meminta ganti rugi lebih tinggi dari kerusakan yang semestinya diganti oleh pihak maskapai, dan kehilangan barang. Kemudian, solusi atas kendala dalam pelaksanaan tersebut meliputi: Semua voucher yang diterbitkan oleh pihak maskapai di cap dan harus di tanda tangani oleh orang bandara seperti manager, bagian legal memiliki tugas untuk menegosiasi dan mencari titik temu berapa nominal yang sesuai, dan memberikan perjalanan gratis atau fasilitas lainnya sesuai dengan pertimbangan manajemen. Kata Kunci: Asuransi, Penumpang, PT. Citilink Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 07:39 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 07:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15573 |
Actions (login required)
View Item |