Implementasi Peraturan Menteri dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 2 Tahun 2018 Terhadap Pembinaan dan Pengawasan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Di Kota Semarang

ROHAETI, SITI (2019) Implementasi Peraturan Menteri dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 2 Tahun 2018 Terhadap Pembinaan dan Pengawasan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Di Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (601kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (146kB)
[img] Text
babI.pdf

Download (555kB)
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (204kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (81kB)

Abstract

Hukum merupakan salah satu Instrumen yang sangat penting dalam Kehidupan Berbangsa, dan Bernegara. Hukum dalam bentuknya sebagai Peraturan Perundang-undangan digunakan sebagai Wadah bagi Pemerintah dalam memberikan berbagai Kebijakan. PPAT merupakan sebuah Jabatan yang memiliki peran penting dalam sistem Pertanahan di Indonesia sekaligus sebuah Profesi kepercayaan sebagaimana Notaris. Dalam menjalankan profesinya, PPAT dituntut untuk taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku, oleh karena itu diperlukan adanya Pembinaan dan Pengawasan sehingga tercapainya Tujuan Hukum yang Tertib, Adil dan Manfaat. Tujuan Penelitian Tesis ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan ruang lingkup Pembinaan dan Pengawasan PPAT berdasarkan Peraturan Menteri dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengawasan PPAT di Kota Semarang dan untuk Mengetahui Fungsi dan Tujuan Penerapan Pembinaaan dan Pengawasan terhadap PPAT berdasarkan Peraturan Menteri dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengawasan PPAT di Kota Semarang, serta untuk Mengetahui Akibat Hukum dalam Penerapan Fungsi Pembinaan dan Pengawasan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Kota Semarang. Dalam Penulisan Tesis ini, Penulis menggunakan Pendekatan Yuridis Sosiologis. Penelitian Yuridis Sosiologis atau Penelitian Hukum Non-doktrinal yaitu Penelitian yang menghasilkan Teori-teori tentang Eksistensi dan Fungsi Hukum dalam Masyarakat, yang terjadi di dalam Proses-proses Perubahan Sosial. Metode penelitian yang digunakan oleh Penulis dalam Penulisan Tesis ini adalah Metode Penelitian Kualitatif berupa Pengamatan, Wawancara, atau Penelahaan Dokumen. Bentuk dan Ruang lingkup Pembinaan dan Pengawasan terhadap PPAT di Kota Semarang di lakukan dengan melakukan seminar, pembekalan dan sharing informasi terbaru di dunia PPAT atau perkembangan tentang peraturan-peraturan baru seputar PPAT dan pertanahan. Pembinaan langsung dalam arti memberikan arahan langsung terkait PPAT, Penerapan fungsi pembinaan dan pengawasan Pejabat Pembuat Akta Tanah oleh Pejabat pada Kantor Pertanahan Kota Semarang berjalan cukup optimal sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, hanya saja dalam hal munculnya Peraturan baru mengenai adanya Majelis Pembina dan Pengawas Pejabat Pembuat Akta Tanah di tingkat Pusat, Wilayah dan Daerah masih dalam Proses Pembentukan Penyusunan serta Faktorfaktor penghambat dalam penerapan fungsi pembinaan dan pengawasan Pejabat Pembuat Akta Tanah oleh Pejabat pada Kantor Pertanahan Kota Semarang. Perbandingan rasio antara jumlah PPAT dengan jumlah Pegawai Kantor Pertanahan memungkinkan keterbatasan kemampuan Kantor Pertanahan untuk dapat melakukan pembinaan dan pengawasan secara maksimal terhadap PPAT yang ada di Kota Semarang. Kata Kunci : Pembinaan, Pengawasan, Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2020 06:12
Last Modified: 23 Jan 2020 06:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item View Item