Kebijakan Pemerintah Mempercepat Kepastian Hukum Hak Atas Tanah Melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) (Studi Di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal)

Sulistiyah, Siti (2019) Kebijakan Pemerintah Mempercepat Kepastian Hukum Hak Atas Tanah Melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) (Studi Di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (718kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (521kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (123kB)
[img] Text
babI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (244kB)

Abstract

Pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap mendorong peran Kantor Pertanahan Kabupaten / Kota tidak hanya sekedar sebagai lembaga yang memproduksi sertipikat hak atas tanah, tapi sekaligus membantu pemilik tanah untuk bisa memperoleh alat bukti hak dan memberdayakan tanah guna meningkatkan kesejahteraan. Berbagai permasalahan juga terjadi dalam pendaftaran tanah seperti adanya kesalahan informasi yang diberikan oleh pihak pemohon, kesalahan informasi yang diberikan oleh pemohon disebabkan kurang proaktifnya masyarakat sebagai pemohon untuk datang langsung ke kantor pertanahan, menanyakan hal-hal apa saja yang menjadi persyaratan administrasi yang harus disiapkan dalam proses awal pendaftaran tanah. Permasalahan dalam tesis ini: (1) Bagaimana kebijakan pemerintah dalam mempercepat kepastian hukum Hak Atas Tanah melalui PTSL (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan PTSL di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal (3) Apakah kendala dan upaya yang dilakukan untuk menyelesaiakan . Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan socio-legal research, spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis, jenis dan sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, data sekunder meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka , Obserasi dan wawancara. Permasalan dianalisis dengan teori kepastian hukum, teori keadilan dan teori kemanfaatan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kebijakan pemerintah dalam mempercepat pendaftaran tanah melalui PTSL dimaksudkan untuk memberikan jaminan kepastian hukum Hak Atas Tanah berupa sertipikat bagi masyarakat berlandaskan asas sederhana, cepat, lancar ,adil, merata dan terbuka serta akuntabel sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan ekonomi negara serta mengurangi dan mencegah sengketa dan konflik pertanahan (2) Pelaksanaan Kegiatan PTSL di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal dimulai dengan melakukan perencanaan kegiatan PTSL yang sistematis oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal dengan melakukan pra inventarisasi calon lokasi dan calon peserta (3) Kendala yang dihadapi baik internal maupun ekternal dalam pelaksanaan PTSL di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal diselesaiakan secara efektif sehingga dapat diselesaikan tepat waktu dan tepat sasaran. Saran dalam penelitian ini sesuai dengan tujuan pendaftaran tanah adalah untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum kepada pemegang haknya, untuk mengurangi sengketa yang eskalasinya terus bertambah, Bagi Pemerintah : pelaksanaan pendaftaran tanah melalui PTSL harus betul betul dilaksanakan secara sistematis, mencakup seluruh wilayah Republik Indonesia.Bagi Masyarakat : peran aktif dalam memberikan informasi yang akurat tentang kepemilikan maupun tanda batas sangat diperlukan. Kata Kunci : Kebijakan Pemerintah, Mempercepat Jaminan Kepastian Hukum Hak Atas Tanah, PTSL

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:14
Last Modified: 22 Jan 2020 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15234

Actions (login required)

View Item View Item