Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Oleh Kontraktor Dalam Pelaksanaan Proyek (Studi Kasus : Proyek Renovasi Pasar Kedungwuni Kabupaten Pekalongan)

Wibowo, Ardian Aji (2019) Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Oleh Kontraktor Dalam Pelaksanaan Proyek (Studi Kasus : Proyek Renovasi Pasar Kedungwuni Kabupaten Pekalongan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (761kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam menghadapi persaingan global dalam dunia konstruksi, perusahaan jasa konstruksi perlu memperhatikan mutu proses dan produk yang dihasilkan perusahaan karena saat ini kesadaran konsumen mengenai mutu produk semakin meningkat. ISO 9001 merupakan standar yang berisi persyaratan untuk sistem manajemen mutu yang membantu perusahaan atau organisasi agar lebih efisien dan kepuasan konsumen meningkat (International Organization for Standarization, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 yang dilakukan perusahaan jasa konstruksi dalam pelaksanaan proyek, dan menganalisa kendala yang ada dilapangan dan bagaimana solusinya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengadakan observasi lapangan, kuesioner dan wawancara. Metode penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif. Hasil kuesioner kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan IBM SPSS Statistic Versi 21 untuk selanjutnya diolah menggunakan metode skala rating. Dari hasil analisis data implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 pada pelaksanaan proyek Renovasi Pasar Kedungwuni didapatkan bahwa tingkat implementasinya sebesar 81,1% (Sangat Baik). Kendala yang dihadapi di lapangan dalam megimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 adalah terbatasnya sumber daya manusia (SDM) dan kurangnya sosialisasi/komunikasi pemahaman sistem manajemen mutu tersebut dari pihak top manajemen kepada personil yang ada dilapangan. Solusi untuk meningkatkan implementasi sistem manajemen mutu yaitu dengan memberi pelatihan kepada seluruh personil yang ada dilapangan dan memberi sosialisasi pemahaman sistem manajemen mutu ke seluruh personil sehingga memiliki kompetensi yang baik terhadap sistem manajemen mutu. Kata Kunci : Mutu, Implementasi, ISO 9001:2015, Jasa Konstruksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2020 06:18
Last Modified: 17 Jan 2020 06:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15001

Actions (login required)

View Item View Item