Pengembangan Bandara Domestik Notohadinegoro Jember

NOVIANI, FITRIA and SARI, IGA BERLIANA GUSTIA (2019) Pengembangan Bandara Domestik Notohadinegoro Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (827kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (404kB)

Abstract

Transportasi udara menjadi salah satu moda yang paling diminati oleh masyarakat di dunia karena pergerakannya yang lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan moda transportasi yang lain. Untuk menunjang transportasi udara diperlukan bandar udara, hampir semua kota di indonesia memiliki bandar udara mulai dari bandar udara dengan kapasitas kecil hingga besar, serta bandar udara dengan pelayanan domestik maupun internasional. Berbicara mengenai bandar udara pastinya tidak tertinggal dengan fasilitas-fasilitas yang dilengkapi dengan runway yang berfungsi sebagai tempat pesawat lepas landas dan mendarat, taxiway yang berfungsi sebagai penghubung antara runway dan apron, dan apron yang berfungsi sebagai tempat parkir pesawat. Pada tugas akhir (TA) ini akan membahas mengenai pengembangan Bandara Notohadinegoro di Jember, dipilihnya bandara tersebut karena meningkatnya jumlah penumpang dan penambahan rute penerbangan, sehingga mengakibatkan penambahan jenis pesawat yang berbeda, perpanjangan serta lebar landasan pacu, dan luas taxiway dan apron. Perencanaan landasan pacu panjang semula 1.650 m dan lebar 30 m akan ditingkatkan menjadi panjang 2.250 m dan lebar 45, yang semula digunakan pesawat jenis ATR72-600 dan direncanakan untuk pesawat jenis Airbus 320 dan Boeing 737-800. Tiga jenis pesawat tersebut menjadi parameter beban dalam perencanaan landasan pacu, taxiway, dan apron. Tanah dasar yang digunakan untuk perencanaan perkerasan landasan pacu, taxiway, dan apron adalah tanah dasar yang di asumsikan mempunyai nilai CBR 3%. Terdapat tiga metode perencanaan yang digunakan untuk menentukan perkerasan lentur landasan pacu yaitu metode California Bearing Ratio (Metode CBR), metode Load Classification Number (Metode LCN), dan metode Federal Aviation Administration (Metode FAA). Hasil dari perhitungan tebal landasan pacu tergantung dari nilai CBR tanah dasar dan jenis pesawat yang digunakan sebagai beban. Untuk perkerasan Taxiway dan Apron nilai tebalnya diambil sama dengan tebal perkerasan landasan pacu. Tebal perkerasan lentur landasan pacu yang dihitung dengan metode FAA lebih tebal daripada tebal perkerasan yang dihitung dengan metode LCN dan metode CBR. Luas taxiway dan apron tergantung dari dimensi pesawat. Dapat disimpulkan bahwa tebal perkerasan landasan pacu, taxiway, dan apron tergantung dari daya dukung tanah dasarnya dan tergantung dari metode perhitungan yang digunakan untuk perencanaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2020 06:59
Last Modified: 15 Jan 2020 06:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14859

Actions (login required)

View Item View Item