ANALISA KOMPARASI PENGUJIAN TAHANAN ISOLASI STATOR MOTOR COOLING WATER PUMP 3,3 MW SEBELUM DAN SETELAH REVARNISH

ADIHANSA, REZHA (2019) ANALISA KOMPARASI PENGUJIAN TAHANAN ISOLASI STATOR MOTOR COOLING WATER PUMP 3,3 MW SEBELUM DAN SETELAH REVARNISH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (531kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Permasalahan di PT.Badak NGL adalah sering terjadi motor-motor induksi di industri mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan oleh salah satunya kegagalan nilai tahanan isolasi pada stator motor induksi. Akibatnya terdapat kegagalan tahanan isolasi stator motor Cooling Water Pump (CWP) mengalami Solusi dari permasalahan tersebut adalah perbaikan tahanan isolasi stator motor dengan cara revanish ulang pada belitan stator dan pengovenan atau pemanasan belitan stator. Hal ini bertujuan untuk menambah kualitas isolasi dan menghilangkan kantong udara pada material isolasi agar tidak terjadi kegagalan pada tahanan isolasi. Penelitian ini menggunakan metode untuk pengujian tahanan isolasi Insulation Resistance (IR), Polarization Index (PI), Tangen Delta test atau Faktor Disipasi, Surge Comparison Test, dan Partial Discharge test. Hal ini untuk mengetahui atau menentukan kerusakan yang ditimbulkan oleh tahanan isolasi pada motor tersebut dapat diminimalisir. Hasil menunjukkan bahwa nilai tahanan isolasi belitan stator motor CWP sebelum Revarnish terdapat hasil dari pengujian IR pada belitan stator U1, V1,dan W1 berturut-turut menghasilkan 3,42 MΩ, 10,5 MΩ, dan 8,22 MΩ. Sedangkan belitan stator motor CWP setelah Revarnish hasil dari pengujian IR untuk belitan U1 mendapat nilai 7,3 GΩ, belitan V1 mendapat nilai 7,48 GΩ, dan belitan W1 mendapat nilai 8,7 GΩ. Pengujian Indeks Polarisasi ini menunjukkan bahwa belitan U1 mendapat nilai 3,68, belitan V1 mendapat nilai 0,79, dan belitan W1 mendapat nilai 1.18 sebelum revarnish. Pengujian disipasi faktor atau pengujian tangen delta terhadap belitan U1 mendapat nilai 1,9%, V1 mendapat nilai 1,6%, dan W1 mendapat nilai 1,5% pada saat tes tegangan 2000 kV. Kata kunci : Tahanan Isolasi, Indeks Polarisasi, Tan Delta Test / Faktor Disipasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:11
Last Modified: 14 Jan 2020 06:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item View Item