Menghitung Ulang Cable-Stayed Jembatan Suramadu

ANWAR, KHAERUL (2018) Menghitung Ulang Cable-Stayed Jembatan Suramadu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (865kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (709kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (45kB)

Abstract

Jembatan merupakan bagian yang penting pada insfrastruktur jalan, baik jalan raya maupun jalan kerata api. Suatu ruas jalan selalu akan melewati sungai- sungai, lembah-lembah, persimpangan dengan jalan yang lain yang tidak sebidang, yang untuk melintasinya diperlukan jembatan. Bangunan jembatan harus kuat menahan kendaraan berat yang lewat di atasnya, kuat menahan tiupan angin dari sampingm kuat menahan getaran yang terjadi akibat gempa. Dari bahan konstruksi yang dipergunakan terdapat jembatan konstruksi kayu, jembatan konstruksi baja, jembatan konstruksi beton bertulang, dan jembatan komposit yaitu gabungan konstruksi baja dan beton. Dari sistim penyaluran bebannya ke pondasi jembatan terdapat jembatan rangka dan jembatan dengan gelagar. Sedangkan dari letak lantai jembatan yang dipergunakan untuk dilewati lalu lintas, terdapat jembatan lalu lintas atas dna jembatan lalu lintas bawah. Di samping itu dikenal pula adanya jembatan gantung dengan menggunakan kabel atau Cable Stayed, jembatan gantung atau Suspension bridge. Dalam tugas akhir ini akan direncanakan dan dihitung struktur bagian atas jembatan gantung dengan menggunakan kabel atau jembatan cable stayed. Dipilihnya jembatan gantung dengan menggunakan kabel karena jembatan jenis merupakan jembatan modern dengan teknologi yang tinggi, serta dapat mempunyai bentang yang panjang sehingga tidak perlu dibuat tanpa pilar ditengahnya, Perencanaan dan perhitungan struktur jembatan dimulai dengan perencanaan awal yaitu penentuan panjang bentang jembatan, penentuan lebar jembatan, penentuan beban yang akan membebani jembatan, dan penentuan bahan-bahan jembatan serta kabel yang akan dipergunakan. Perencanaan dilanjutkan dengan perhitungan dimensi tebal plat beton lantai kendaraan, perhitungan balok-balok penyangga lantai jembatan, dan perhitungan kabel jembatan atau pylon. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak MIDAS CIVIL berdasarkan parameter perencanaan sesuai dengan peraturan yang terbaru. Selain menggunakan perangkat lunak MIDAS CIVIL, perencanaan jembatan Cable stayed juga menggunakan Standar Pembebanan untuk Jembatan RSNI T-02-2005 dan Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan menggunakan RSNI T-03-2005. Beban yang diperhitungkan adalah berat sendiri, beban mati tambahan, beban “T”, beban lajur “D”, beban angin, dan beban gempa. Perhitungan diperoleh jembatan cable stayed yang kuat menahan beban lalu lintas15,642 kN/m untuk UNIFORM Distributed Load (UDL) dan 191,101 kN/m’ untuk Knife Edge Load (KEL), beban angin 1764 kN/m. Struktur jembatan terdiri dari plat lantai kendaraan beton bertulang tebal 25 cm dengan tulangan lentur D19 – 100 dan tulangan bagi Ø10 - 200, gelagar memanjang menggunakan box girder BJ-50 200 x 300 cm, gelagar melintang menggunakan baja BJ-41 profil WF 1200.450.16.38, ribs menggunakan baja BJ-41 profil WF 700.300.15.28, shear connector Ø 22 mm, strand kabel 48, pylon f'c 50 MPa 200x300 cm dengan tulangan utama D-32 dan sengkang D-19. Rentang tengah jembatan suramadu yang dibangun menggunakan cable-stayed telah dikontruksi dengan baik dan sesuai dengan peratutan pemuatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:38
Last Modified: 30 Dec 2019 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14343

Actions (login required)

View Item View Item