Nurjanah, Nurjanah (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS MASLAKUL HUDA SLUKE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (828kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (56kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (105kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (114kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (271kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
Abstract
Pendekatan saintifik merupakan pendekatan ilmiah dalam proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif membangun konsep, hukum atau prinsip dengan tahapan-tahapan mengamati, menanya, mengasosiasi mengeksplorasi dan mengkomunikasi. MTs Maslakul Huda Sluke adalah sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 dengan begitu dalam pembelajarannya tentu menggunakan pendekatan saintifik di dalamnya. Oleh karena itu, pneliti ingin mengetahui bagaiman perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Arab di MTs Maslakul Huda Sluke. Rumusan masalah dari peneliti adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Arab di MTs Maslakul Huda Sluke. Sedangkan tujuan dari peneliti adalah untuk mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Arab di MTs Maslakul Huda Sluke. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif sehingga pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miller dan Huberman yang mencakup tiga kegiatan, yakni : reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa aspek perencanaan yang diwujudkan dalam permbuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam kategori baik sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkah-langkah pembuatan RPP. Pada aspek pelaksanaan dalam kategori efektif, namun perlu sedikit peningkatan pemahaman pada kegiatan inti pembelajaran yakni pada aspek mengamati, menanya, megeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi. Pada aspek evaluasi perencanaan yang dikhususkan pada kendala perencanaan dan pelaksanaan pendekatan yaitu guru PAI khususnya guru bahasa Arab memerlukan kompetensi pedagogik yang baik dalam melaksanakan kurikulum 2013. Kata kunci : Pendekatan saintifik, pembelajaran bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 06:57 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 06:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14265 |
Actions (login required)
View Item |