PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN IBADAH SHOLAT PESERTA DIDIK DI SMP NURUL ULUM SEMARANG

FAUZIYAH, NISRINA NUR (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN IBADAH SHOLAT PESERTA DIDIK DI SMP NURUL ULUM SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (923kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (381kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Sebagai umat Islam mengerjakan ibadah merupakan bentuk ketaatan pada Allah Swt terutama ibadah wajib, seperti sholat. Namun masih banyak orang-orang yang tidak disiplin dan malah meninggalkan kewajiban untuk melaksanakan sholat. Kedisiplinan melaksanakan sholat ini harus ditanamkan sejak masih muda, agar terus tertanam dalam menjalani kehidupan. Hal ini menarik untuk dibahas, dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Kedisiplinan Ibadah Sholat Peserta Didik di SMP Nurul Ulum Semarang”, dengan rumusan masalah bagaimana pembelajaran PAI, bagaimana kedisiplinan ibadah sholat peserta didik, dan bagaimana pengaruh pembelajaran PAI terhadap kedisiplinan ibadah sholat peserta didik di SMP Nurul Ulum Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran PAI, kedisiplinan ibadah sholat peserta didik, dan adakah pengaruh yang positif signifikan pembelajaran PAI terhadap kedisiplinan ibadah sholat peserta didik di SMP Nurul Ulum Semarang. Penelitian ini menggunakan metode field research atau penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang didapat dari SMP Nurul Ulum Semarang. Data yang diperoleh akan dianalisa dengan analisis uji hipotesis. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang positif signifikan terhadap kedisiplinan ibadah sholat peserta didik di SMP Nurul Ulum Semarang. Kata kunci: Sholat, Disiplin, Ibadah, PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2019 06:41
Last Modified: 27 Dec 2019 06:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

View Item View Item