UPAYA GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG

NI’MAH, LAILI JAUHARIN (2019) UPAYA GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Upaya guru dalam menanggulangi kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam ini merupakan salah satu cara untuk membantu siswa dalam belajar agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar Pendidikan Agama Islam. SMK Cut Nya’ Dien Semarang adalah sekolah yang menerapkan upaya guru dalam menanggulangi kesulitan belajar. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya guru dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam di SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apa saja kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam yang dialami oleh siswa. apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa. dan apa saja yang bisa ditempuh guru untuk menanggulangi kesulitan belajar siswa dalam bidang pendidikan agama Islam di SMK Cut Nya Dien Semarang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa kesulitan belajar siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang dialami oleh siswa. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa.Untuk mengetahui upaya apasaja yang bisa ditempuh guru PAI dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam di SMK Cut Nya Dien Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi observasi dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Sedangkan analisis yang digunakan penulis yaitu analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miler dan Huberman yang mana mencakup tiga kegiatan yang bersamaan yaitu : reduksi data. Penyajian data. Dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya untuk menanggulangi kesulitan belajar diantaranya yaitu melalui : merencanakan dan merancang program pembelajaran. Mengembangkan program pembelajaran. Mengelola program pembelajaran. Menilai hasil dan proses pembelajaran. Mendiagnosis faktor yang mempengaruhi keuslitan belajar. Kata kunci : Mengatasi kesulitan belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Dec 2019 06:49
Last Modified: 26 Dec 2019 06:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14239

Actions (login required)

View Item View Item