PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 01 SEMARANG

SISKAWATI, AYUANA ELISA (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 01 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (655kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan pemahaman guru terhadap anak didik, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan anak didik untuk mengaktualisasikan sebagai potensi yang dimilikinya terlebih dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam proses pembelajaran, kompetensi yang dimiliki oleh guru salah satunya kompetensi pedagogik memiliki peranan yang sangat penting untuk mengetahui pencapaian hasil pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik terhadap keberhasilan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI Kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang. Rumusan masalah pada penelitian ini berbunyi: Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI dalam mata pelajaran PAI Kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang? Bagaimana keberhasilan belajar peserta didik Kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang? Adakah pengaruh kompetensi pedagogic terhadap keberhasilan belajar peserta didik Kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang? Tujuan yang diharapkan peneliti ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana kompetensi pedagogik terhadap keberhasilan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Peneliti ini menggunakan penelitian deskriptif, dengan anggota populasi siswa kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang yang berjumlah 319. Sample diambil dengan teknik purposive sampling sehingga setiap anggota populasi memiliki peluang untuk menjadi sampel penelitian, berjumlah 64 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan diolah dengan rumus korelasi Pearson Product Moment Correlation (PPMC). Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap keberhasilan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI Kelas XI di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment Correlation (PPMC) sebesar 0,896 dengan demikian 0,896 > 0,329. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan keberhasilan belajar peserta didik di SMA Islam Sultan Agung 01 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Dec 2019 07:18
Last Modified: 23 Dec 2019 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item View Item