PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA MIFTAHUL ULUM NGEMPLAK MRANGGEN DEMAK

WIBISONO, YUSUF (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA MIFTAHUL ULUM NGEMPLAK MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Perkembangan teknologi di era sekarang semakin pesat. Hal ini mendorong upaya-upaya untuk memanfaatkan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Para guru dituntut untuk lebih cakap dalam menggunakan alat-alat yang disediakan oleh sekolah seperti alat-alat Audio Visual. Akan tetapi, semakin maju dan canggih teknologi tidak dibarengi dengan semakin profesionalnya seorang guru dalam mengajar. Hal tersebut dirasakan oleh kebanyakan guru karena penguasaan IPTEK mereka rendah dan kurang mumpuni di dalam penggunaannya menyebabkan rendahnya kualitas nilai SDM. Sehingga masalah tersebut menjadi ancaman sekaligus tantangan yang nyata, khususnya bagi guru dan umunya bagi masyarakat Indonesia dalam upaya menjaga eksistensi guru dimasa mendatang. Melihat kenyataan saat ini, masih banyak guru khususnya guru Sejarah yang belum mampu menggunakan media dengan baik. Mereka hanya terpaku dalam proses pembelajaran berpusat pada guru (teacher centre) yaitu guru menyampaikan materi peserta didik mendengarkan tanpa melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dibutuhkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran atau disebut student centre. Faktor lain yang menjadi problematika guru PAI adalah kurangnya pengetahuan mengenai penggunaan media khususnya media Audio Visual. Sedangkan guru di zaman kemajuan ini sangatlah dituntut untuk cakap dalam menggunakan media agar bisa memudahkan mereka dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan pemasalahan di atas, maka tujuan dari penelitian yang akan dicapai dalam adalah (1).Untuk mendeskripsikan media audio visual dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. (2).Untuk menjelaskan sejauh mana hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik. (3).Untuk menjelaskan adakah pengaruh penggunaan media audio visual dengan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik. Untuk menjawab tujuan dari penelitian yang diajukan, maka peneliti menggunakan beberapa metode untuk pengumpulan data dan menyelesaikan penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode angket, metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Dari hasil perhitungan penelitian dan analisa isi data yang telah dihitung, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1).Pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak sudah berjalan dengan baik dengan memanfaatkan media audio visual. Hal tersebut sesuai dengan hasil angket yang didapat dari responden yang mendapat nilai pada interval 67-72 dengan jumlah 12 peserta didik/responden (40%) dan mean atau rata-ratanya sebesar 67 yang mana masuk dalam kategori baik. (2).Hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan mempergunakan media audio visual di MA Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak sudah baik. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan dari nilai interval 78-83 dengan responden sebanyak 9 peserta didik jumlah persentase sebesar 30% dan mean atau rata-rata 78 yang masuk dalam kategori baik. Dan (3).Berdasarkan pada hasil perhitungan di atas, sehingga penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Dalam penggunaannya pendidik sudah maksimal, disebabkan sudah direncanakan terlebih dahulu sebelum melaksanakan pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran pendidik sudah memenuhi prosedur yang tepat dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Hal ini dibuktikan dengan hasil kerja statistik regresi linier sederhana yang diperoleh nilai signifikan (Sig.) sebesar 0,000 hasil ini lebih kecil dari nilai probabilitas yaitu 0,05. Sehingga dengan hasil ini maka HO ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis yang diajukan adalah “penggunaan media audio visual memberikan pengaruh yang postif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak” dapat diterima. Kata Kunci : Media Audio Visual, Student Centre, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Dec 2019 07:09
Last Modified: 23 Dec 2019 07:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14176

Actions (login required)

View Item View Item