ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG ISTRI BEKERJA MENCARI NAFKAH DITINJAU DARI KEMASLAHATAN (Studi Kasus di Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang)

Aeni, Ulfah Nur (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG ISTRI BEKERJA MENCARI NAFKAH DITINJAU DARI KEMASLAHATAN (Studi Kasus di Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Ajaran Islam tidak hanya mengajarkan akidah atau tauhid semata tetapi juga mengajarkan hal muamalah dalam lingkup keluarga. Dalam hubungan keluarga pentingnya mengetahui hakikat pernikahan serta hak dan kewajiban suami istri yang termuat dalam literasi hukum Islam maupun hukum positif. Mengenai hak dan kewajiban suami istri secara tekstual dijelaskan bahwa tugas seorang suami adalah sebagai pencari nafkah sedangkan istri sebagai ibu rumah tangga. Tetapi realitasnya eksistensi suami sebagai pencari nafkah dialami juga oleh istri dengan berbagai faktor yang mendorongnya baik faktor eksternal maupun internal. Faktor internal misalnya dapat diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu faktor ekonomi dan faktor gaya hidup yang dibagi menjadi faktor gaya hidup secara mandiri dan secara hedonis. Persoalan istri bekerja mencari nafkah bukan sesuatu yang baru tetapi sudah menjadi topik yang telah membudidaya dalam masyarakat terutama di kelurahan Tambakrejo kecamatan Gayamsari kota Semarang. Banyak istri yang bekerja mencari nafkah di wilayah tersebut dengan berbagai faktor yang mendorongnya. Padahal dalam al-Qur’an tidak dijelaskan hukum istri bekerja mencari nafkah, maka perlunya penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong istri bekerja mencari nafkah serta tinjauan kemaslahatannya. Dalam penelitian ini, penulis memilih pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan penelitian lapangan (Field research) yang dianalisis dengan cara mendeskripsikan hasil wawancara yang telah diperoleh (deskriptif-analisis), kemudian dianalisa faktor istri bekerja mencari nafkah tersebut kedalam tinjauan kemaslahatan sesuai dengan tujuan hukum Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mendorong istri bekerja mencari nafkah sebagian besar karena faktor ekonomi yang disebabkan karena suami meninggal dunia, suami tidak bekerja karena sakit dan karena suami telah pensiun dengan mencapai 72,72% dan sisanya karena faktor gaya hidup secara mandiri dengan persentase 27,28% dari 11 responden yang telah diwawancarai. Kemudian tinjauan maslahat terhadap faktor istri bekerja mencari nafkah apabila dilihat dari tujuan hukum Islam adalah untuk terpeliharanya unsur pokok yaitu jiwa, keturunan dan harta kekayaan yang diklasifikasikan dalam tingkatan kemaslahatan yaitu daruriyat, hajiyat dan tahsiniyat. Kata Kunci : istri, keluarga, maslahat, nafkah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2019 06:21
Last Modified: 20 Dec 2019 06:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14134

Actions (login required)

View Item View Item