ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SISWA TEMA 6 “PANAS DAN PERPINDAHANNYA” KURIKULUM 2013 KELAS V SEMESTER GENAP

Ningtyas, Rani Kusuma (2019) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SISWA TEMA 6 “PANAS DAN PERPINDAHANNYA” KURIKULUM 2013 KELAS V SEMESTER GENAP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan nilai karakter bangsa dalam pembelajaran di sekolah, sebab banyak sekali pemberitaan di media yang menyebutkan bahwa banyak kejahatan yang dilakukan oleh anak dibawah umur. Maka permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja nilai karakter yang terdapat pada buku siswa kelas V tema 6 “Panas dan Perpindahannya” ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai karakter yang terdapat dalam buku siswa kelas V tema panas dan perpindahannya. Metode penelitian ini adalah kualitatif populasi dalam penelitian ini adalah buku siswa kelas V SD/MI tema 6 panas dan perpindahannya. Metode pengumpulan data menggunakan teknik analisis dan pencatatan cermat. Berdasarkan hasil analisis, dalam teks bacaan buku siswa kelas V tema panas dan perpindahannya di temukan 18 nilai karakter yang dapat ditanamkan pada peserta didik dalam setiap pembelajaran. 18 nilai karakter tersebut adalah (1) Religius, (2) Jujur, (3) Toleransi, (4) Disiplin, (5) Kerja Keras, (6) Kreatif, (7) Mandiri, (8) Demokratis, (9) Rasa Ingin Tahu, (10) Semangat Kebangsaan, (11) Cinta Tanah Air, (12) Menghargai Prestasi, (13) Bersahabat, (14) Cinta Damai, (15) Gemar Membaca, (16) Peduli Lingkungan, (17) Peduli Sosial, (18) Tanggung Jawab. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru dan orangtua selalu mendampingi siswa untuk menggunakan buku tersebut dalam proses pembelajaran sehingga dapat menemukan dan mencontoh nilai-nilai karakter yang tersirat dalam buku. Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013, dan Buku Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 07:02
Last Modified: 17 Dec 2019 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14045

Actions (login required)

View Item View Item