PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

Tyas, Ambar Pusponing (2014) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Aktivitas investasi merupakan aktivitas yang dihadapkan pada berbagai macam risiko dan ketidakpastian yang seringkali sulit diprediksikan oleh para investor. Untuk mengurangi kemungkinan risiko dan ketidakpastian yang akan terjadi, investor memerlukan berbagai macam informasi. Pengungkapan informasi keuangan dan non keuangan diatas tentunya tidak terlepas dari peranan good corporate governance, sebab berfungsi sebagai kontrol dalam pengelolaan perusahaan, yang pada akhirnya juga dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, untuk memberikan bukti empiris pengaruh corporate governance (jumlah dewan komisaris, dewan komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional) terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di BEI tahun 2010-2012, Total sampel perusahaan berjumlah 34 perusahaan yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang dipergunakan adalah data sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui dokumentasi. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR, proporsi dewan komisaris dan jumlah anggota komite audit berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran dewan komisaris dan kepemilikan manajerial berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan sales growth. Diantara tiga variabel kontrol dalam penelitian ini yang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan adalah ukuran perusahaan dan jenis industri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2015 01:38
Last Modified: 23 Oct 2015 01:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item