KARAKTERISTIK KETAHANAN MASYARAKAT DI KAWASAN RAWAN LONGSOR (Studi Kasus: RW VI Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati)

FIRMANASARI, ROLAN (2018) KARAKTERISTIK KETAHANAN MASYARAKAT DI KAWASAN RAWAN LONGSOR (Studi Kasus: RW VI Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (932kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (558kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (556kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (914kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati merupakan salah satu kawasan rawan longsor yang berada di Kota Semarang. Wilayah Kelurahan Sukorejo yang sering terjadi longsor adalah RW VI. Pada 2 tahun terakhir, RW VI mengalami bencana longsor yang dipicu dari hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Semarang. Bencana longsor yang sering terjadi tidak serta merta membuat masyarakat pindah ke tempat yang lebih aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik ketahanan masyarakat di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati yang bermukim di kawasan rawan longsor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis dengan mendiskripsikan hasil wawancara kepada pihak terkait seperti Kelurahan Sukorejo, Ketua RW VI Kelurahan Sukorejo, BPBD Kota Semarang dan Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Sukorejo. Analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi analisis karakteristik longsor, analisis karakteristik sosial ekonomi masyarakat, analisis kerentanan masyarakat, analisis ketahanan dan kelembagaan masyarakat, serta analisis karakteristik masyarakat RW VI yang tinggal di kawasan rawan longsor. Penelitian ini menghasilkan karakteristik masyarakat diantaranya masyarakat RW VI sebenarnya telah memahami bahwa kawasan yang mereka tinggali merupakan kawasan rawan bencana. Namun masyarakat lebih mementingkan bagaimana memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari daripada mementingkan investasi untuk hidup lebih aman; masyarakat RW VI Kelurahan Sukorejo sebagian besar masih tinggal di rumah semi permanen yang menggunakan bahan kayu karena lebih stabil, ringan bebannya dan relatif murah biaya perbaikannya; model pondasi bangunan yang digunakan di RW VI sebagian besar adalah model pondasi strauss pile yang berfungsi sebagai ‘paku’ sehingga mampu mengurangi adanya kemungkinan pergeseran titik pondasi ketika terjadi pergerakan tanah; keberadaan KSB (Kampung Siaga Bencana) Kelurahan Sukorejo sangat membantu RW VI dalam mengelola manajemen mitigasi bencana; masyarakat RW VI sangat antusias dalam mengikuti pelatihan mitigasi bencana; terdapat jalur, tempat evakuasi serta manajemen tanggap bencana yang telah disiapkan ketika terjadi bencana longsor; serta masyarakat RW VI masih sangat menggantungkan bantuan pemerintah ketika bencana longsor datang. Keyword : Ketahanan Masyarakat, Kawasan Rawan Longsor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:35
Last Modified: 26 Nov 2019 07:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13675

Actions (login required)

View Item View Item