PENGARUH KNOWLEDGE SHARING DAN HUMAN CAPITAL TERHADAP KEMAMPUAN INOVASI SERTA KINERJA USAHA KECIL MENENGAH (PADA UKM CINDERAMATA DI KOTA SEMARANG)

Ikayati, Ayu Nur (2018) PENGARUH KNOWLEDGE SHARING DAN HUMAN CAPITAL TERHADAP KEMAMPUAN INOVASI SERTA KINERJA USAHA KECIL MENENGAH (PADA UKM CINDERAMATA DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (936kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Kinerja Perusahaan (pada UKM Cinderamata) yang dipengaruhi oleh Knowledge Sharing dan Human Capital melalui Kemampuan Inovasi. Knowledge Sharing merupakan proses timbal balik dimana individu saling bertukar pengetahuan (tacit dan explicit knowledge) dan mempraktekan pengetahuan baru yang di dapat. Human Capital merupakan seluruh usaha yang dibawa tenaga kerja untuk diinvestasikan dalam pekerjaan mereka termasuk juga di dalamnya kemampuan,tingkat laku, dan semangat. Kemampuan Inovsi merupakan kemampuan sebuah perusahaan untuk mentransformasikan sebuah gagasan menjadi sesuatu yang baru yang membawa nilai ekonomi. Sedangakan Kinerja Perusahaan merupakan seperangkat finansial dan nonfinansial yang mampu menilai sejauh mana tujuan perusahaan telah tercapai. Berdasarkan pada kajian teori yang mendalam dan kritis, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana pengaruh Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Inovasi (b) Bagaimana pengaruh Human Capital terhadap Kemampuan Inovasi (c) Bagaimana pengaruh Knowledge Sharing terhadap Kinerja Perusahaan (d) Bagaimana pengaruh Human Capital terhadap Kinerja Perusahaan (e) Bagaimana pengaruh Kemampuan Inovasi terhadap Kinerja Perusahan. Obyek penelitian ini adalah pemilik UKM Cinderamata di Kota Semarang dengan jumlah 50 responden. Metode penarikan sampel menggunakan sampling jenuh artinya, teknik pengambilan sampel apabila semua populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data melalui kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS 16.0 yang hasil analisisnya menunjukan bahwaknowledge sharing berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan inovasi. Human capital tidakberpengaruh terhadap kemampuan inovasi.Knowledge sharingtidakberpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Human capital berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan., Kemampuan inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Kemampuan inovasi hanya mampu dianggap sebagai variabel intervening dari knowledge sharing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Nov 2019 02:52
Last Modified: 12 Nov 2019 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13076

Actions (login required)

View Item View Item