IMPLEMENTASI STRATEGI EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMK Cinde Semarang)

Hidayat, Nurul Fajar (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMK Cinde Semarang). Masters thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah :Bagaimana perencanaan Implementasi Strategi Ekspositori pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Cinde Semarang, Bagaimana pelaksanaan Implementasi Strategi Ekspositori pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Cinde Semarang, Bagaimana evaluasi Implementasi Strategi Ekspositori pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Cinde Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah: 1). Perencanaan Strategi Ekspositori Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Cinde Semarang sudah baik dan sesuai dengan ketentuan. Perencanaan strategi ekpositori dengan adanya RPP yang sudah mencantumkan strategi ekspositori, adanya silabus dan juga bahan ajar. 2). Pelaksanaan Strategi Ekspositori Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Cinde Semarang tersebut lebih efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik, dalam pelaksanaan strategi ekpositori dengan tanya jawab peserta didik lebih mudah untuk memahami pembelajaran pendidikan agama Islam. Peserta didik lebih aktif dalam belangsungnya proses pembelajaran, peserta didik juga lebih memperhatikan guru menjadikan pesertadidik lebih mudah dalm menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. 3). Evaluasi Strategi Ekspositori Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Cinde Semarang, terdapat kendala dalam proses pembelajaran karena strategi ini mengharuskan peserta didik memiliki kemampuan mendengarkan dan menyimak dengan baik. Solusi yang dilakukan oleh guru perlu persiapan yang matang baik mngenai materi pelajaran yang akan disampaikan maupun hal lain yang mempengaruhi kelancaran proses pembelajaran pendidikan agama Islam Kata kunci: Ekspositori, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:57
Last Modified: 30 Apr 2019 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item