STRATEGI PENDIDIKAN AKHLAK DI PERGURUAN MUHAMMADIYAH “Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 3 dan SMA Muhammadiyah 1 Semarang”

S R I Y O N O, S R I Y O N O (2018) STRATEGI PENDIDIKAN AKHLAK DI PERGURUAN MUHAMMADIYAH “Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 3 dan SMA Muhammadiyah 1 Semarang”. Masters thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, peneliti merumuskan strategi yang dapat meningkatkan pendidikan akhlak di SMP Muhammadiyah 3 dan SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Adapun rumusan masalah dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana strategi perencanaan pendidikan akhlak di SMP Muhammadiyah 3 dan SMA Muhammadiyah 1 Semarang. 2) Bagaimana strategi pelaksanaan pendidikan akhlak di SMP Muhammadiyah 3 dan SMA Muhammadiyah 1 Semarang. 3) Bagaimana strategi evaluasi pendidikan akhlak di SMP Muhammadiyah 3 dan SMA Muhammadiyah 1 Semarang Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Strategi perencanaan pendidikan akhlak di SMP Muhammadiyah 3 dan SMA Muhammadiyah 1 Semarang dengan membuat rencana pembelajaran dan menyususun tata tertib. 2) Strategi pelaksanaan pendidikan akhlak di SMP Muhammadiyah 3 dan SMA Muhammadiyah 1 Semarang meliputi, Keteladan, Pembiasaan, Latihan, Anjuran, Hukuman dan kegiatan ektrakulikuler. 3) Strategi evaluasi pendidikan akhlak meliputi : penilaian diri dan pemeriksaan buku tata tertib atau monitoring. Faktor pedukung adalah keluarga besar SMP Muhammadiyah 3 dan SMA Muhammadiyah 1 Semarang dan keterlibatan keluarga dan masyarakat yang kondusif. Faktor penghambatnya adalah masih kuranngya sarana prasarana sekolah (masjid yang kurang memadai), karakter siswa yang berbeda-beda, lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurang kondusif. Solusi yang dilakukan adalah pihak sekolah tetap bekerja sama dengan pihak keluarga untuk bersama-sama melakukan pendidikan akhlak kepada siswa dan memberikan motivasi kepada siswa untuk tetap mematuhi ajaran agama dan selalu melakukan akhlak terpuji. Kata kunci: Strategi Pendidikan Akhlak, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:58
Last Modified: 30 Apr 2019 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12532

Actions (login required)

View Item View Item