IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEMATIK DALAM KURIKULUM KUTTAB AL-FATIH SEMARANG

Wajdi, Taufiq (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEMATIK DALAM KURIKULUM KUTTAB AL-FATIH SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Terjadinya pergantian sistem kurikulum yang disesuaikan dengan seiringnya zaman membuat kerancauan yang sangat membingungkan bagi para guru terlebih untuk guru yang dikhususkan dalam bidang kurikulum. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab pendidikan di Indonesia mengalami kemunduran yang sangat memprihatinkan terlebih dalam bidang pendidikan akhlaknya, sehingga hal tersebut menjadikan sebagian guru berfikir untuk membuat suatu kurikulum tersendiri yang mana mampu menyeimbangi pola pendidikan pada zaman dulu terkhusus pola pendidikan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan begitu penggunaan suatu metode dan pendekatan yang unik sangat diperlukan oleh seorang guru terlebih jika diterapkan dalam suatu kurikulum pendidikan disuatu lembaga sekolah, oleh sebab itu penerapan pendekatan tematik dalam kurikulum Kuttab merupakan salah satu cara bagi seorang guru di dalam mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya, sehingga hal tersebut diharapkan akan melahirkan generasi yang baik dan berpendidikan Qur’ani. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif, melalui sumber data primer dan data sekunder terkait dengan Implementasi Pendekatan Tematik dalam Kurikulum Kuttab Al-Fatih Semarang, serta pihak-pihak yang terkait dalam penelitian melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menggunakan pola fikir berdasarkan pola pikir Miles and Huberman, yaitu ‘dilakukan secara interaktif melalui proses data reduction, data display dan verification atau conclusion drawing’. Landasan teori yang digunakan adalah teori tentang bagaimana guru menerapkan pendekatan tematik dalam kurikulum Kuttab AlFatih serta strategi dan metode apa yang ditekankan oleh Rasulullah dalam melahirkan generasi yang Qur’ani. Secara garis besar, berdasarkan pada analisis data yang dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan bahwa hal terpenting bagi seorang guru yaitu menguasai teknik serta pendekatan yang diterapkan dalam kurikulum Kuttab yang sesuai pada tingkat kemampuan siswa. Dengan begitu penerapan konsep pembelajaran yang berbasis tematik dalam kurikulum di Yayasan Kuttab Al-Fatih sangat memberikan banyak manfaat dan dampak yang positif bagi anak terlebih bagi peserta didik, sebab hal tersebut selaras dengan visi misi Kuttab yang mampu melahirkan suatu kurikulum terpadu dalam suatu pendikan yang memuat nilai-nilai dalam pendidikan Islam itu sendiri. Kata kunci: pentingnya penggunaan suatu pendekatan dalam mengembangkan suatu kurikulum terpadu yang berbasis pendidikan Rasulullah di zaman yang modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:58
Last Modified: 30 Apr 2019 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12525

Actions (login required)

View Item View Item