PERAN MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIKA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNISSULA SEMARANG

Rizki, Sarah Ayu Dwi (2018) PERAN MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIKA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNISSULA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran motivasi belajar dan efikasi diri terhadap prestasi akademik pada mahasiswa teknik Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Sampel penelitian ini berjumlah 149 mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua skala dan data IPK. Skala motivasi belajar berjumlah 40 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas 0,821. Skala efikasi diri berisi 30 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas 0,728. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda dan parsial. Hasil penelitian menunjukskan adanya peran positif motivasi belajar dan efikasi diri terhadap prestasi akademik dengan diperoleh skor R= 0,411 dan Fhitung= 14,873, p= 0,000 (p<0,05). Variabel motivasi belajar dan efikasi diri secara bersamaan memiliki sumbangan efektif sebesar 15,8% terhadap variabel prestasi akademik. Uji korelasi parsial motivasi belajar dengan prestasi akademiki diperoleh skor rx1y= 0,245 dengan signifikan 0,003 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif motivasi belajar terhadap prestasi akademik. Uji korelasi parsial efikasi diri dengan prestasi akademik diperoleh skor rx2y= 0,197 dengan signifikan 0,016 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif efikasi diri terhadap prestasi akademik. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga hipotesis diatas diterima Kata Kunci: Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Prestasi Akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:49
Last Modified: 30 Apr 2019 01:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12386

Actions (login required)

View Item View Item