HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP STIGMA MASYARAKAT DAN HARGA DIRI PADA HOMOSEKSUAL (GAY) DI RUMAH PELANGI INDONESIA KOTA SEMARANG

Hania, Hana (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP STIGMA MASYARAKAT DAN HARGA DIRI PADA HOMOSEKSUAL (GAY) DI RUMAH PELANGI INDONESIA KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui hubungan antara persepsi terhadap stigma masyarakat dan harga diri homoseksual (gay) di Rumah Pelangi Indonesia Kota Semarang. Variabel tergantung dalam penelitian ini adalah harga diri dan variabel bebas adalah persepsi terhadap stigma masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan pada 80 subjek anggota komunitas Rumah Pelangi Indonesia Kota Semarang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Kuota Sampling. Alat ukur yang dipakai menggunakan skala likert yang terdiri dari 2 skala yaitu, skala variabel harga diri yang terdiri dari 48 aitem dan skala variabel persepsi terhadap stigma masyarakat yang terdiri dari 36 aitem. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skala variabel harga diri memiliki daya beda tinggi berkisar antara 0,314 – 0,633 dan memiliki reliabilitas 0,883. Skala variabel persepsi terhadap stigma masyarakat memiliki daya beda berkisar antara 0,311 – 0,679 dan memiliki estimasi reliabilitas sebesar 0,759. Hasil analisis hipotesis yang dilakukan diperoleh nilai korelasi rxy = 0,721 dengan 0,000 (p<0.01) dan Flinier = 84,351 dengan taraf signifikansi p = 0.000 (p<0,01). Koefisien R squer sebesar 0,721 menunjukkan bahwa persepsi terhadap stigma masyarakat mempengaruhi harga diri sebesar 72,1% sedangkan 27,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terlibat dalam penelitian. Hal ini menjelaskan bahwa ada hubungan positif antara persepsi terhadap stigma masyarakat dan harga diri. Kategori pada harga diri tinggi dan persepsi terhadap stigma masyarkat tinggi. Kata kunci: Harga Diri, Persepsi Terhadap Stigma Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:47
Last Modified: 30 Apr 2019 01:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12345

Actions (login required)

View Item View Item