ATIA, NAILUL (2018) ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN METODE SERVQUAL, ANALISIS SWOT DAN MATRIKS QSPM (Studi Kasus Bengkel Mobil Codrat Motor Magelang). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
Abstract
Persaingan usaha yang semakin ketat disekitar area usaha menuntut Bengkel Mobil Codrat Motor Magelang untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta berusaha memenuhi apa yang diharapkan pelanggan. Maka dari itu,penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan perencanaan strategi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan kondisi lingkungan BCM Magelang. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif menggunakan kuesioner untuk mengetahui kepuasan pelanggan dan data kualitatif berupa hasil wawancara dengan pemilik, dan pegawai. Analisa dilakukan menggunakan metode servqual dan analisis SWOT. Dari hasil analisa tersebut digunaka sebagai dasar perumusan faktor-faktor strategis, yang selanjutnya dilakukan analisis menggunakan matriks QSPM. Total hasil analisa gap kualitas pelayanan BCM Magelang untuk 26 atribut layanan adalah -4,94. Hasil analisis kondisi lingkungan internal dan eksternal BCM Magelang diperoleh posisi di kuadran II pada analisis SWOT. Hasil analisis QSPM memprioritaskan strategi untuk mengatasi gap pelayanan yaitu dengan membuat standarisasi pelayanan, strategi promosi melalui media offline/online, membuat promo-promo menarik untuk meningkatkan minat pelanggan, meningkatkan mutu SDM melalui pelatihan atau kursus untuk mengikuti perkembangan teknologi serta pembinaan, menjaga ketersediaan stock spare part dengan menjalin kerjasam dengan toko /supplier spare part dan menambah peralatan baru, melengkapi fasilitas ruang tunggu sehingga mampu mengatasi tuntutan pelanggan yang semakin berkembang, membuat jadwal lembur untuk mengantisipasi service yang melebihi jam kerja. Kata kunci : BCM Magelang, kualitas layanan,analisis SWOT, perumusan strategi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 02:37 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 02:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11667 |
Actions (login required)
View Item |