ANALISA PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HUMAN RESOURCE SCORECARD (Studi Kasus: PT. Pisma Garment Indo)

KANSIL, PANGESTIKA (2018) ANALISA PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HUMAN RESOURCE SCORECARD (Studi Kasus: PT. Pisma Garment Indo). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

PT. Pisma Garment Indo merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang industri garmen. Dalam operasinya PT. Pisma Garment Indo membutuhkan sumber daya manusia yang relatif banyak sebagai penunjang sekaligus roda penggerak. Pengukuran kinerja SDM sangat penting bagi perusahaan karena dengan adanya pengukuran tersebut perusahaan dapat melakukan evaluasi terhadap performa sumber daya manusianya. Dalam praktiknya PT. Pisma Garment Indo belum pernah melakukan pengukuran sumber daya manusia yang terintegrasi. Pengukuran kinerja karyawan bersifat subjektif dimana perusahaan hanya mengukur kinerja atau capaian karyawan terhadap target kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Sehingga hasilnya belum mampu menggambarkan kontribusi kinerja SDM untuk satu perusahaan. Maka dari itu perlu adanya pengukuran kinerja SDM yang terintegrasi bagi perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi Key Performance Indicator yang dapat merepresentasikan kinerja SDM. Metode yang digunakan dalam pengukuran kinerja sumber daya manusia yaitu metode Human Resource Scorecard (HRSC) dimana metode tersebut mengaitkan antara manusia, strategi dan kinerja. Metode Human Resource Scorecard sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi masalah sedangkan untuk pembobotan menggunakan Analytical Hierarchy Process dan Scoring System menggunakan metode higher is better, lower is better, must be zero atau must be one. Perancangan pengukuran kinerja dengan menggunakan metode HR Scorecard dibagi kedalam empat kriteria pengukuran yaitu High Performance Work System, HR Aligment, HR Effeciency dan HR Effeciency. Dimana dari masing – masing kriteria tersebut memiliki subkriteria (KPI) yang digunakan sebagai indikator untuk mengukur kriteria tersebut. KPI yang digunakan dalam pengukuran ini yaitu 17 KPI yang terbagi menjadi 4 KPI untuk kriteria HPWS, 6 KPI untuk kriteria HR Aligment, 2 KPI untuk HR Effeciency dan 5 KPI untuk HR Deliverable. Dari hasil pengukuran kinerja SDM PT. Pisma Garment Indo terdapat 2 KPI yang masih berada pada indikator merah, 2 KPI berada pada indikator kuning dan 13 KPI yang berada pada indikator hijau. Dan untuk nilai performansi dari masing – masing kriteria pengukurannya yaitu performansi kriterian HPWS sebesar 27.85, kriterian HR Aligment sebesar 18.85, kriteria HR Effeciency sebesar 54.57 dan kriteria HR Deliverable sebesar 7.78. Sehingga diperoleh nilai performansi kinerja SDM di PT. Pisma Garment Indo sebesar 109.04. Nilai performansi tersebut menunjukkan bahwa performansi SDM di PT. Pisma Garment Indo sudah sangat baik karena nilai tersebut lebih besar dari 80, dimana standar minimal baiknya performansi yaitu 80. Kata Kunci : PT. Pisma Garment Indo, Sumber Daya Manusia, Human Resource Scorecard, AHP, Scoring System

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:35
Last Modified: 30 Oct 2018 02:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11657

Actions (login required)

View Item View Item