SIMULASI SISTEM ANTRIAN PADA LOKET PEMBELIAN TIKET STASIUN SEMARANG PONCOL DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE EXTEND (Studi Kasus Pada PT.KAI Daop 4 Semarang di Stasiun Semarang poncol)

RAHMANA, LA ODE (2018) SIMULASI SISTEM ANTRIAN PADA LOKET PEMBELIAN TIKET STASIUN SEMARANG PONCOL DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE EXTEND (Studi Kasus Pada PT.KAI Daop 4 Semarang di Stasiun Semarang poncol). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Transportasi kereta api merupakan salah satu transportasi darat yang memegang peranan penting bagi pengembangan semua sektor di Indonesia. Pengembangan industri perkeretaapian di Indonesia diharapkan menjadi prioritas utama bagi PT Industri Kereta Api Indonesia. PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang ini beralamat di Jl. MH Thamrin No 3 Semarang Jawa Tengah yang terdiri atas dua daerah operasi yang ada disemarang yaitu stasiun semarang tawang dan stasiun semarang poncol, Pada stasiun semarang poncol terlihat beberapa antrian konsumen yang berada di customer service. Antiran sering terjadi bila kebutuhan akan suatu pelayanan melebihi kapasitas yang tersedia untuk melaksanankan pelayanan tersebut, Keputusan-keputusan yang terkait dengan jumlah kapasitas ini harus dapat ditentukan walaupun sebenarnya tidak mungkin dapat dibuat suatu prediksi yang dapat mengenai kapan unit-unit yang dapat membutukan pelayanan itu akan datang atau berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelenggarakan pelayanan tersebut. Dalama penelitian ini jumlah data yang diambil 323 dengan rata-rata waktu antar kedatangan 33,38 dengan standar deviation 29,075. Yang terdiri dari dua loket pelayan dengan dua sistem antrian Pada pengolahan data dengan membangun dua model alternatif, model alternatif 1 terdiri dari 4 loket pelayanan dan model alternatif dua yang terdiri dari 3 loket pelayanan sehingga berdasarkan utilits, rata-rata panjang antrian dan rata-rata waktu tunggu maka model alternatif 2 merupakan model yang paling optimal. Dengan menerapkan alternatif 2 maka stasiun Semarang Poncol harus menambahkan 1 loket pelayanan lagi agar dapat menghasilkan nilai rata-rata panjang antrian dan rata-rata waktu tunggu yang efektif. Dengan rata-rata panjang pelanggan dalam sistem (Lq) 0,65 dan rata-rata panjang antrian dalam sistem (Ls) 0,66 nilai rata-rata waktu tunggu dalam sistem (Ws) 69,05 dan nilai rata-rata waktu tunggu dalam antrian (Wq) 8,74. detik dengan utilitas tara-rata pelayanan 65,74%. Kata kunci : Simulasi Sistem Antrian Pada Loket Pembelian Tiket Stasiun Semarang Poncol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:35
Last Modified: 30 Oct 2018 02:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item