UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN FUZZY SERVICE QUALITY DAN INDEX POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (Studi Kasus di Poliklinik Eye Center Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

KHAMDANI, ARIES (2018) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN FUZZY SERVICE QUALITY DAN INDEX POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (Studi Kasus di Poliklinik Eye Center Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Salah satu pelayanan jasa yang sering dijumpai ialah pelayanan Rumah Sakit. Seperti pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung merupakan sebuah lembaga yang bergerak dibidang jasa pelayanan kesehatan. Hal ini yang menjadikan Rumah Sakit Islam Sultan Agung dituntut untuk terus meningkatkan kualitas akan pelayanan jasa kesehatan yang lebih baik, tidak saja pelayanan kesehatan yang bersifat menyembuhkan saja, tetapi dapat memberikan kepuasan pasien rumah sakit. Kepuasan itu tidak hanya dilihat dari sisi fisik atau fasilitas yang ada namun juga dari pelayanan yang diberikan. Untuk itu perlu adanya umpan balik terutama dari pasien sebagai pengguna pelayanan. Yang diharapkan nanti dapat berdampak positif dalam meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dan pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan dari pasien. Berbagai macam jenis pelayanan dilakukan oleh pihak rumah sakit guna mendukung dan menyukseskan visi, misi yang telah dibuat di masa yang akan datang. Adapun salah satu jenis pelayanan unggulan Rumah Sakit Islam Sultan Agung yaitu Poliklinik Spesialis Sultan Agung Eye Center, dengan beberapa fasilitas unit pelayanan untuk membantu memaksimalkan kemampuan penglihatan mata. Oleh karena itu dilakukan pengukuran kualitas untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Poliklinik Eye Center Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dengan menggunakan Fuzzy Service Quality dan Indeks Potential Gain In Customer Value. Dari hasil analisa diketahui bahwa tingkat kepuasan dari pelayanan yang telah diberikan selama ini belum memenuhi harapan pasien. Dilihat dari hasil perhitungan gap diperoleh nilai gap sebesar -0,092. Dengan hasil total nilai gap negatif sebesar 24 variabel dan nilai gap positif sebesar 9 variabel. Nilai gap secara keseluruhan memiliki nilai negatif menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan masih jauh dari harapan pasien. Kata kunci : Fuzzy-Servqual, Indeks PGCV, Kepuasan Pasien, Service Quality

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:34
Last Modified: 30 Oct 2018 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item