ANALISIS SIM AKADEMIK UNISSULA DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) UNTUK MENGETAHUI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM YANG SUDAH DIBANGUN

Azizi, Fiamanillah Al (2018) ANALISIS SIM AKADEMIK UNISSULA DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) UNTUK MENGETAHUI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM YANG SUDAH DIBANGUN. Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)

Abstract

Hampir semua perguruan tinggi sudah menggunakan SIM Akademik berbasis internet termasuk Fakultas Teknologi Industri UNSSULA. Dari mulai tahun 1993 - 2018 proses kegiatan pengisian KRS dilakukan secara manual yaitu dengan mengambil blangko yang sudah disediakan oleh pihak BAP seiring dengan berjalannya waktu, khsusnya di Fakultas Teknologi Industri UNISSULA sekarang ini sudah beralih pada pengisian KRS online yang bisa diakses melalui internet., adapun kekurangan dalam SIM Akademik pada Fakultas Teknologi Industri UNISSULA, yaitu sering terjadinya masalah dalam menginput dan mengakses data, sehingga menghambat pengelolaan serta pengaksesan informasi. Masalah tersebut sering dirasakan oleh mahasiswa yaitu ketika penginputan KRS dan pengaksesan data. Dari uraian diatas efektivitas sistem informasi mahasiswa perlu dikaji lebih lanjut, agar fungsi dan tujuan dari penerapan SIM Akademik tidak menyimpang jauh dari batas ketentuan yang ada. Oleh karena itu penelitian ini akan melakukan proses identifikasi dan menganalisis berbagai faktor-faktor penggunaan SIM Akademik dengan menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction) tersebut yang berhubungan dengan penerimaan pemakai akhir untuk menggunakan SIM Akademik, sehingga mengetahui kepuasan pengguna yang dapat dijadikan sebagai proses evaluasi untuk meningkatkan efektifitas dan layanan perguruan tinggi menjadi keunggulan kompetitif. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode yang digunakan mampu mengedentifikasi masalah yang mana penggunaan SIM Akademik UNISSULA di Fakultas Teknologi Industri dapat memudahakan kepuasan pengguna (mahasiswa) dalam melihat (nilai, jadwal, isi krs, tagihan biaya perkuliahan, serta kartu ujian. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status kepuasan pengguna akhir terhadap SIM Akademik. Penelitian ini berdasarkan model End User Computing Satisfaction (EUCS). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Teknologi Industri UNISSULA yang diambil dari 100 responden mahasiswa. Proses analisis data dengan menggunakan pendekatan software SPSS dan SmartPLS versi 0.3. Hasil dengan pendekatan software tersebut berada pada tingkat cukup puas. Hasil penelitian ini merokomendasikan kepada yang berwenang mengembangkan sistem bahwa harus lebih akurat dan mudah dimengerti pada faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna SIM Akademik. Kata Kunci : SIM Akademik UNISSULA Semarang, End User Computing Satisfaction (EUCS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:33
Last Modified: 30 Oct 2018 02:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11641

Actions (login required)

View Item View Item