KAJIAN POLA PERSEBARAN PERMUKIMAN PERKEBUNAN (Studi kasus : Perkebunan Kelapa Sawit di Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang)

AYUBI, M. HANNAN (2018) KAJIAN POLA PERSEBARAN PERMUKIMAN PERKEBUNAN (Studi kasus : Perkebunan Kelapa Sawit di Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)

Abstract

Kecamatan Kendawangan merupakan kecamatan yang berada di Kabupaten Ketapang, kecamatan kendawangan merupakan kecamatan terbesar yang berada di kabupaten ketapang. Salah satu sumber pekerjaan yang berada di kecamatan kendawangan ialah perkebunan, perkebunan mencakup tenaga kerja yang sangat besar, dengan daerah kegiatan pekerjaan yang luas. Dengan sumber pendapatan dan pekerjaan yang stabil dalam proses perkembangan nya baik masyarakat maupun pihak swasta dan pemerintah merasa ada perlunya perkembangan dalam hal pembangunan demi menopang penduduk yang berkegiatan/bekerja dikecamatan kendawangan. Apa lagi seperti pihak swasta perusahaan perkebunan yang berada di kecamatan kendawangan, yang telah banyak membangun hunian/permukiman-permukiman yang disediakan untuk para pekerja. Dengan meningkatnya pertumbuhan permukiman-permukiman yang ada dengan kondisi permukiman tersebar di karenakan ruang yang ada / lokasi kerja yang cukup luas, maka di perkirakan akan munculnya permasalahan-permasalahan yang akan timbul disebabkan persebaran permukiman ini seperti permasalahan akasessibiltas ataupun sarana dan prasarananya. Berdasarkan dari latar belakang permasalahan di atas, maka perlu di adakannya studi mengenai Kajian Pola Persebaran Permukiman di sekitar Kawasan Perkebunan Kecamatan Kendawangan, untuk mengetahui kondisi permukiman dan apa saja permasalahan-permasalahan yang ada sehingga dapat dilakukan pengomtimalan/penigkatan kualitas hidup masyarakat permukiman perkebenan dan juga dapat menyongkong perkembangan-perkembangan yang ada di kecamatan kendawangan. Metode pendekatan yang akan dilakuakan dalam studi ini ialah Deskriptif Kualitatif Rasionalistik. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan di ketahui bahwa pola permukiman disekitar kawasan perkebunan kecamatan kenadawangan dapat dibagi menjadi dua aspek, 1). Pola Permukiman Kompak, yang ciri permukimannya dapat dilihat dari pola permukiman perusahaan perkebunan; 2). Pola Permukiman Tidak Kompak yang cirinya banyak terdapat pada permukiman perkebunan masyarakat. Dengan kondisi sarana-prasana yang sudah cukup memenuhi kebutuhan masyarakat. Kesimpulan yang dapat di ambil dari hasil akhir penelitian ini ialah bahwa pola permukiman perkebunan yang bisa dilihat dari dua aspek dan juga bahwa kebutuhan dan kegiatan masyarkat biarpun kondisi permukiman yang tersebar-sebar masih sangat baik dan terpenuhi akan kebutuhan-kebutuhannya. Kata Kunci : Kajian Pola Permukiman, Perkebunan, Kelapasawit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:10
Last Modified: 05 Oct 2018 04:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11486

Actions (login required)

View Item View Item