PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PICTORIAL STORY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TEMA CITA-CITAKU KELAS IV SDN GEBANGSARI 02 SEMARANG

Permatasari, Novia Dwi (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PICTORIAL STORY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TEMA CITA-CITAKU KELAS IV SDN GEBANGSARI 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
8BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)

Abstract

Belajar IPS dalam kemampuan berpikir kritis mengandung makna sebagai suatu kemampuan mengelola suatu informasi yang terdiri dari kemampuan mengidentifikasi suatu masalah sehingga dapat menemukan sebab-sebab kejadian/peristiwa, berfikir logis, menilai dampak dari kejadian peristiwa, merancang sebuah solusi, dan dapat menarik kesimpulan yang bersumber dari persepsi serta sikap seseorang terhadap masalah yang terjadi.Penelitian ini mengangkat masalah adakah pengaruh media pembelajaran Pictorial Story Book terhadap sikap kritis siswa dalam mata pelajaran IPS kelas IV SDN Gebangsari 02 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan jenis pre eksperimental, one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Gebangsari 02 yang berjumlah 40 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post test dengan nilai thitung = 9,668 dan ttabel = -2,030 %. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa thitung = > - ttabel atau 10,937 > -2,030 dengan kriteria pengujian H0 diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media media Pictorial Story Book terhadap kemampuan berfikir kritis siswa siswa dalam mata pelajaran IPS Tema Cita-Citaku kelas IV SDN Gebangsari 02 Semarang. Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kritis, Media Pictorial Story Book, IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:10
Last Modified: 05 Oct 2018 04:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item