Kholisoh, Badiatin (2018) ANALISIS SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MATA PELAJARAN PKn KELAS III SD DI KECAMATAN GENUK SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (742kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus untuk menghitung kualitas soal dan menganalisis soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran PKn kelas III SD. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keabsahan suatu soal yang diberikan keapada siswa apakah sesuai dengan kemampuan dan pembelajaran yang disampaikan selama satu semester melakukan kegiatan belajar mengajar. Mengetahui kualitas soal mengenai validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keberfungsian pengecoh. Hasil analisis soal dapat disimpulkan bahwa soal yang valid ada 25 butir (25%) dari 50 butir dan tidak valid ada 25 butir (25%) dari 50 butir sehingga soal ulangan akhir semester yang diberikan kepada siswa tidak dapat mengukur kemampuan siswa. Kualitas soal pada uji reliabailitas semua soal reliabel tetapi di kategorikan pada kriteria sangat tingg ada 27 butir (54%) dari 50 butir dan kriteria tinggi Tinggi ada 23 butir (46%) dari 50 butir, pada kriteria cukup, rendah dan sangat rendah tidak 0 butir (0%) dari 50 butir, jadi soal ini dapat dipertanggungjawabkan jika diberikan kepada siswa yang berbeda pada waktu yang berbeda.. Tingkat kesukaran kategori sukar ada 4 butir (8%) dari 50 butir, kategori sedang ada 14 butir (28%) dari 50 butir, dan kategri mudah ada 32 butir (64%) dari 50 butir. Soal yang baik yaitu soal yang tidak terlalu sukar dan tidak terlalu mudah, tidak ada persebaran soal untuk membedkan siswa yang berkemampuan tinggi dan kemampuan rendah. Daya pembeda soal pada kriteria jelek ada 14 butir (28%) dari 50 butir, krteria cukup ada 27 butir (54%) dari 50 butir, kriteria baik ada 7 butir (14%) dari 50 butir, kriteria baik sekali tidak 0% dan ada yang hasilnya negatif sebanyak 2 butir (4%) dari 50 butir. Soal ini daya pembeda Keberfungsian pengecoh semua soal dari pilihan ganda Indeks Pengecoh pada angka (0% - 25%) berarti soal berkriteria jelek sehingga pegecoh tidak berfungsi. Jadi, soal ini tidak dapat membedakan kemampuan siswa dengan tepat. Kata Kunci : Analisis soal, PKn
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:14 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11397 |
Actions (login required)
View Item |