PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V SDN MOJODEMAK 1

Amalina, Ayu Khusnul (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V SDN MOJODEMAK 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemandirian dan prestasi belajar IPS kelas V SDN Mojodemak 1. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan desain Quasi Eksperimen dengan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Desaign. Populasi Penelitian siswa kelas V SDN Mojodemak 1 (Kelas Eksperimen) dan SDN Tempuran 1 (Kelas Kontrol) dengan sampel jumlah siswa kedua kelas sama-sama berjumlah 29 siswa dengan teknik sampling jenuh. Analisis data menggunakan Uji Independent T-Test, Paired T-Test dan MANOVA (Multivariate Analysis of Variace).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata ¬PosttestPrestasi belajarsiswa kelas eksperimen adalah 79,655 sedangkan nilai rata-rata PostTest kelas kontrol berjumlah 68, 793. Nilai akhir kemandirian kelas eksperimen sebesar 64,448 dan kelas kontrol dengan rata-rata 59,517. Pada uji Paired Sample T-Test pada prestasi belajar siswa memperoleh 7,386 dengan probabilitas (Sig.) 0,000. Dan kemandirian belajar siswa memperoleh -4,517dengan probabilitas (Sig.) 0,000.Karena probabilitas pada (Sig.) 0,000 < 0,05 Maka Ha diterima.Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis dengan menggunakan MANOVA (Multivariate Analysis of Variace)pada Hotelling Trace danRoy’s Lagerst Rootmemiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Yang artinya Hotelling Trace, danRoy’s Lagerst Rootsemua data signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat berpengaruh terhadap kemandirian dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Student Facilitator and Explaining, Kemandirian, Prestasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:14
Last Modified: 05 Oct 2018 04:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item View Item