PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP NILAI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS III

Fitriyanti, Anis (2018) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP NILAI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS III. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Nilai belajar siswa secara umum masih rendah, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat ‘meningkatkan nilai belajar siswa sesuai dengan KKM yang sudah ada yaitu 75. Model pembelajaran Think Pair Share digunakan ‘sebagai model pembelajaran ‘berbasis diskusi sehingga siswa memiliki banyak waktu luang mengeluarkan pendapat ataupun ide ‘barunya tentang materi yang sedang dibahas. Tujuan’ dari peneliti adalah untuk mengetahui ‘pengaruh kekatifan siswa dalam model pembelajaran think pair share terhadap nilai belajar IPA kelas III di SD N Tempuran 1’dan perbedaan nilai rata-rata. Pengaruh’ keaktifan siswa dalam model pembelajaran think pair share dibuktikan menggunakan uji ‘regresi linier sederhana yang bisa diketahui garis regresi X yang mempengaruhi yaitu sikap keaktifan siswa dan Y yang dipengaruhi yaitu model pembelajaran Think Pair Share, maka diperoleh garis persamaan Ý = 7,031 – 1,166X, yang artinya variabel bebas akan mengakibatkan naiknya variabel terikat sebesar 1,16. Perbedaan nilai rata-rata pre test dan post test dibuktikan dengan uji paired’ sample t test. Pre test = 31, rata-rata (mean) pre test dan post test terhadap nilai belajar adalah 64.1945 dan rata-rata (mean) post test adalah 88.0645. Simpangan’ baku (standar deviation) pre test sebesar 12.58946 dan post test sebesar 9.36994. Kesimpulan dari penelitian ‘ini adalah keaktifan’ siswa dalam model pembelajaran think pair share sangatlah berpengaruh terhadap ‘nilai belajar ‘siswa. Kata Kunci’ : ‘Pengaruh, ‘Keaktifan, Model Think ‘Pair Share, ‘Nilai ‘belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:14
Last Modified: 05 Oct 2018 04:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11391

Actions (login required)

View Item View Item