PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS VI SD ISLAM DARUL HUDA

Nurwati, Kiptiyah (2018) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS VI SD ISLAM DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah unutuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn melalui model embelajaran kooperatif tipe Group Investigation di kelas VI SD Islam Darul Huda. Jenis penelitian ini adalah PTK sebanya dua siklus, setiap siklus ada 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI B SD Islam Darul Huda yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan,angket motivasi, tes evaluasi, abservasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar PKn. Hal ini ditunjukkan dengan observasi motivasi belajar siswa yang ada pada siklus I dengan kriteria tidak termotivasi 0%, motivasi kurang 0%, termotivasi 12 siswa atau 48%% dan sangat termotivasi 13 siswa atau 52%, pada siklus II dengan kriteria tidak termotivasi 0%, motivasi kurang 0%, termotivasi 0%, dan sangat termotivasi 25 siswa atau 100%. Penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Adanya peningkatan prestasi belajar pada siklus I dari 25 siswa dengan ketuntasan klasikal yaitu 64% atau 16 siswa yang mencapai kategori, dan 36% atau 9 siswa yang belum mencapai kategori, dan pada siklus II dengan jumlah siswa 25 dengan ketuntasan klasikal 92% atau 23 siswa yang sudah tuntas dan 8% atau 2 siswa yang belum tuntas. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn kelas VI SD Islam Darul Huda. Kata Kunci : Motivasi dan Prestasi PKn, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:20
Last Modified: 05 Oct 2018 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item