Noftiarmi, Annisa Fita (2018) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN NON BPJS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI POLI GIGI RSUD DR. RUBINI MEMPAWAH KALIMANTAN BARAT. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (848kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (836kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (917kB) | Preview |
|
|
Text
Publikasi.pdf Download (69kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
Abstract
Kepuasan pasien dianggap sebagai salah satu indikator utama dari standar fasilitas kesehatan. Perubahan sistem dari Asuransi kesehatan (ASKES) / Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) berubah menjadi sistem yang dikelola oleh lembaga BPJS Kesehatan. Pasien peserta BPJS merasa pelayanan kesehatan yang mereka terima belum sesuai harapan. Faktanya sekarang pendapat pasien tentang pelayanan yang diberikan oleh BPJS masih kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebenaran mengenai adanya perbedaan tingkat kepuasan antara pasien peserta BPJS dan pasien non BPJS (umum) terhadap kualitas pelayanan Poli Gigi RSUD Dr. Rubini Mempawah Kalimantan Barat. Penelitian deskriptif analitik ini dilakukan pada pasien rawat jalan di Poli Gigi RSUD Dr. Rubini Mempawah Kalimantan Barat. Penelitian ini melibatkan 80 pasien yang terdiri dari 40 pasien BPJS dan 40 pasien non BPJS umur > 15 tahun tanpa penyakit sindrom dan bukan pasien ekstraksi gigi dengan penyulit. Kepuasan pasien diukur dengan metode SERVQUAL yang merupakan selisih skor persepsi terhadap skor harapan atas kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, bukti nyata, dan empati. Perbedaan kepuasan pasien BPJS dan umum dianalisis dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan skor SERVQUAL kualitas pelayanan secara keseluruhan antara pasien umum dan pasien BPJS yang bermakna (p<0,05). Kesimpulan: Pasien umum memiliki kepuasan yang lebih tinggi daripada pasien BPJS. Kata kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, BPJS, Umum
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:22 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:22 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11292 |
Actions (login required)
View Item |