THE APPLICATION OF CODE MIXING AND CODE SWITCHING IN TEACHING ENGLISH (A Descriptive Qualitative Study on the Eleventh Grade Students of SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang in the Academic Year of 2017/2018)

Nurfiana, Lita (2018) THE APPLICATION OF CODE MIXING AND CODE SWITCHING IN TEACHING ENGLISH (A Descriptive Qualitative Study on the Eleventh Grade Students of SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang in the Academic Year of 2017/2018). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER PDF.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI PDF.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PDF.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
BAB II PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
BAB III PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB V PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan code mixing dan code switching dalam pengajaran bahasa Inggris dan pendapat guru dan siswa tentang penerapan code mixing dan code switching dalam pengajaran bahasa Inggris kepada siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sebagai rancangan penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner terbuka, dan wawancara semi terstruktur. Penelitian ini menggunakan validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan analisis induktif untuk menganalisa data. Ada dua poin yang disimpulkan berdasarkan hasil penelitian. Pertama, setelah melakukan penelitian dan analisis data, peneliti menemukan bahwa guru bahasa Inggris menerapkan code mixing dan code switching dalam pengajaran bahasa Inggris saat ia memberi instruksi dan pertanyaan yang berkaitan dengan materi kepada siswa. Code mixing dan code switching mencakup beberapa jenis. Jenis code mixing dan code switching yang digunakan oleh guru bahasa Inggris yaitu ekstrasentensial, intersentensial, dan intrasentensial. Ada dua faktor dalam menerapkan code mixing dan code switching dalam pengajaran bahasa Inggris yaitu faktor internal dan eksternal. Contohnya yaitu siswa lebih untuk menggunakan bahasa ibu ketika mereka tidak mengetahui arti kata bahasa Inggris serta dapat membantu siswa merespon pertanyaan dan instruksi guru bahasa Inggris dengan lebih cepat. Kedua, guru bahasa Inggris dan juga siswa memiliki pendapat potitif tentang penerapan code mixing dan code switching karena begitu banyak manfaat dari pengaplikasiannya dalam pengajaran. Dapat disimpulkan bahwa pengaplikasian code mixing dan code switching tergantung pada faktor internal dan eksternal. Kata kunci: Code Mixing, Code Switching, and Teaching English.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2018 07:59
Last Modified: 07 May 2018 07:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10768

Actions (login required)

View Item View Item