THE IMPLEMENTATION OF ANIMATED SHORT FILM IN IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXTS (Collaborative Action Research on the Eleventh Grade Students of SMAN 8 Semarang in the Academic Year of 2017/2018)

Fajrianti, Inayah (2018) THE IMPLEMENTATION OF ANIMATED SHORT FILM IN IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXTS (Collaborative Action Research on the Eleventh Grade Students of SMAN 8 Semarang in the Academic Year of 2017/2018). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
FILE 1 COVER, DLL.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 ABSTRACK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 4 BAB 1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
FILE 5 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
FILE 6 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
FILE 7 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
FILE 8 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
FILE 9 REFERENCES.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana film pendek animasi diimplementasikan untuk pengajaran menulis teks recount dan mendeskripsikan apakah kemampuan siswa dalam menulis teks recount meningkat setelah diajar menggunakan film pendek animasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kolaboratif sebagai desain penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA V SMA Negeri 8 Semarang pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis induktif. Peneliti dan guru bahasa Inggris telah mengimplementasikan film pendek animasi dalam pengajaran menulis teks recount. Terdapat dua poin yang disimpulkan berdasarkan hasil penelitian ini. Pertama, teks recount ditampilkan melalui film pendek animasi beserta subtitle sebagai model teks input dengan mengkombinasikan film pendek animasi dengan beberapa latihan, seperti kosa kata, organization, dan tata bahasa. Kedua, kemampuan siswa dalam menulis teks recount meningkat setelah diajar menggunakan film pendek animasi. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil tulisan siswa. Dalam pra-siklus, level kemampuan menulis siswa dalam aspek konten dan organisasi yaitu berada pada level sedang. Level kemampuan menulis siswa dalam aspek kosa kata berada pada level baik. Kemampuan menulis siswa dalam aspek tata bahasa dan teknis menulis yaitu masih berada pada level cukup. Pada siklus I, level kemampuan menulis siswa meningkat disetiap aspek, setiap aspek berada pada level baik. Pada siklus II, kemampuan menulis siswa meningkat menjadi sangat baik dalam setiap aspek, kecuali aspek tata bahasa yang masih berada pada level baik. Disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks recount meningkat disetiap siklus. Dengan demikian, implememntasi film pendek animasi dalam pengajaran menulis teks recount cocok dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Kata kunci: Film Pendek Animasi, Teks Recount, Kemampuan Siswa, dan Penelitian Tindakan Kolaboratif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2018 07:59
Last Modified: 07 May 2018 07:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10767

Actions (login required)

View Item View Item