IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KONSERVASI LINGKUNGAN ALAM BERDASARKAN NILAI-NILAI ISLAM Di Madrasah Ibtidaiyah Alam Alfa Kids Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati

Makhdum, Makhdum (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KONSERVASI LINGKUNGAN ALAM BERDASARKAN NILAI-NILAI ISLAM Di Madrasah Ibtidaiyah Alam Alfa Kids Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Pendidikan konservasi adalah suatu proses pembelajaran yang bertujuan untuk menyiapkan generasi muda agar bisa melestarikan lingkungan, memperhatikan dan memanfaatkan setiap komponen lingkungan untuk pemanfaatan masa depan. Sedangkan nilai-nilai Islam nilai-nilai Islam adalah suatu nilai yang diwahyukan Allah Swt. yang berhubungan dengan tingkah laku manusia yang kaitannya dengan lingkungan sekitar. Nilai-nilai Islam meliputi tiga aspek yaitu nilai akidah, nilai syari’ah dan nilai akhlak. Semua bentuk kerusakan lingkungan alam yang di timbulkan oleh perilaku manusia disebabkan karena kurangnya pendidikan manusia tentang arti penting lingkungan alam bagi kehidupan manusia. Untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang terjadi MI Alam Alfa Kids Pati mengimplementasikan Pendidikan Konservasi yang berdasarkan nilai-nilai Islam, dengan tujuan untuk mengubah aspek sikap dan perilaku siswa agar memahami pentingnya lingkungan bagi kehidupan serta bagaimana menjaga dan merawat lingkungan alam. Fokus dalam penelitian ini menjelaskan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan pendidikan konservasi yang berdasarkan nilai-nilai Islam di MI Alam Alfa Kids Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara menggambarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan konservasi. Informannya adalah ketua yayasan, direktur pendidikan, kepala sekolah, guru, wali murid, dan murid. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah–langkah analisis yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan konservasi berdasarkan nilai-nilai Islam meliputi upaya pelestarian lingkungan alam sesuai nilai akidah, nilai syari’ah dan nilai akhlak. Perencanaan penerapan pendidikan konservasi lingkungan alam berdasarkan nilai-nilai Islam di MI Alam Alfa Kids Pati telah dilaksanakan oleh guru-guru dengan melakukan menyusun perangkat pembelajaran yaitu Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan konservasi lingkungan alam ini, telah dimasukkan nilai-nilai Islam yaitu nilai akidah, nilai syari’ah dan nilai akhlak. Pelaksanaan penerapan pendidikan konservasi lingkungan alam dilaksanakan sangat efektif. Karena bisa memberikan pengaruh pada peserta didik yaitu senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan konservasi lingkungan alam yang berdasarkan nilai-nilai Islam. Evaluasi penerapan pendidikan konservasi lingkungan alam berdasarkan nilai-nilai Islam di MI Alam Alfa Kids Pati dengan menggunakan teknik penilaian teknik penilaian 5 P (papers and pencil, portofolio, project, product, and performance). Dengan penilaian tersebut pendidikan konservasi lingkungan alam sangat efektif karena dengan evaluasi guru bisa mengetahui hasil belajar siswa. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Konservasi, dan Nilai-nilai Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2018 01:45
Last Modified: 07 May 2018 01:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10716

Actions (login required)

View Item View Item